Hukum & Kriminal

Dalam Waktu 3 Bulan, Polda Jatim Musnahkan 21 Kilo Sabu

Surabaya (beritajatim.com) – Sabu-sabu sebanyak 21 kilogram dimusnahkan oleh Ditresnarkoba Polda Jatim, Selasa (9/4/2019). Barang haram tersebut merupakan hasil ungkap selama tiga bulan yakni Januari sampai Maret 2019 dan disita dari 22 perkara.

Selain sabu, petugas juga memusnahkan sejumlah barang bukti yang diamankan dari 25 tersangka. Yakni, 19 kilogram ganja kering, 474 butir pil ekstasi dan 864.412 butir pil daftar G.

Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Toni Harmanto menjelaskan barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil ungkap kasus Polda Jatim bersama Polres Malang, Polresta Sidoarjo dan Polrestabes Surabaya.

“(Barang bukti) berasal dari beberapa tempat kejadian perkara dan juga melibatkan tersangka dibelakang ini. Diantaranya adalah kelompok jaringan internasional, yang sebelumnya juga kelompok-kelompoknya telah kita ungkap,” ujar Toni.

Pemusnahan dilakukan dengan cara membakar barang bukti menggunakan alat pemusnah ‘incenerator’ milik Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur. Ia menyebut, kegiatan pemusnahan merupakan bukti bahwa pihaknya serius memberantas peredaran Narkoba di wilayah Jawa Timur.

“Kegiatan pemusnahan barang bukti ini sekaligus bukti kepada masyarakat, bahwa kita masih konsen memberikan perhatian khusus pada permasalahan ini,” tutupnya.

Pemusnahan barang bukti Narkoba digelar didepan gedung Subdit PJR Ditlantas Polda Jatim. Sejumlah perwakilan dari instansi terkait, turut serta menyaksikan acara pemusnahan barang bukti Narkoba. Diantaranya Kemenkumham, Kejaksaan Tinggi, BNNP, TNI AD dan AL, Bea Cukai, Lapas Klas I Surabaya serta sejumlah perwakilan dari organisasi masyarakat. [uci/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar