Hukum & Kriminal

Curi Kotak Amal Musala di Gresik, Rizal Diringkus Warga

Gresik (beritajatim.com) – Perbuatan Mohammad Rizal tergolong nekad dan tidak takut dosa. Pemuda tanggung yang tidak jelas asal usulnya itu nekat mencuri kotak amal di Musala Kiai Moh Lazim di Jalan KH.Hasyim Asy’ari 47 Kelurahan Kroman, Gresik. Rizal diringkus warga saat kepergok membawa uang hasil kotak amal sebesar Rp 150 ribu.

Kasus itu berawal saat Zainus Solichin (45) warga jalan KH Hasyim Asy’ari, Kelurahan Sukodono, Kecamatan Gresik mendapati laporan di grup medsos whatsApp (WA) bahwa ada seorang laki-laki melakukan pencurian kotak amal di dalam musala setempat.

Mendengar informasi itu Zainus langsung mendatangi musala bersama Lutfi. Saat di lokasi, mereka berdua kaget mengetahui pintu sebelah utara dalam keadaan terkunci, sementara pintu selatan kunci terbuka.  Melihat yang tidak beres, kedua warga itu langsung masuk. Nah, saat itulah mereka mendapati pelaku bernama Mohammad Rizal yang sedang duduk di dalam musala.

Zainus dan Lutfi langsung mengecek dan ternyata isi kotak amal tersebut sudah kosong. Selanjutnya, jemaah musala yang tergabung dalam grup WA ramai-ramai berdatangan dan langsung menanyai Rizal. “Sewaktu ditanya dia tidak pernah ngaku, warga semakin ramai kesini. Akhirnya dia mengaku mengambil uang dari kotak amal,” tutur Zainus, Minggu (30/6/2019).

Karena gregatan salah satu warga Abdul Latif meminta pelaku untuk mengembalikan hasil curian. Ternyata uang  tersebut disembunyikan di dalam kamar mandi laki-laki. Pelaku yang seorang diri langsung memberikan uang yang ia curi dari kotak amal sebesar Rp 150 ribu.

Uang itu diikat dengan karet. Spontan warga pun nyaris memukuli Rizal. Namun, terburu dicegah petugas yang datang ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP). Petugas juga mengamankan sepotong kawat sepanjang 20 sentimeter yang digunakan pelaku untuk mencongkel dan mengambil uang. Saat ini, pelaku sudah berada di Polsek Gresik Kota dan tengah di lakukan pemeriksaan.

Kapolsek Gresik Kota, AKP Inggit Prasetyanto menuturkan, saat dilakukan pemeriksaan pelaku tidak membawa identitas apapun.  Selain itu, jawaban pelaku tidak pernah sesuai dengan pertanyaan yang diberikan petugas. “Pelaku sudah kita amankan beserta barang bukti, dan sedang kita lakukan pemeriksaan,” katanya.

Sebelumnya, Mohammad Rizal pernah diamankan di Polsekta Gresik, lalu diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Gresik dan dibawa ke Pondok Pesantren di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar