Hukum & Kriminal

CNT Bandara Juanda Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Malaysia

Sidoarjo (beritajatim.com) – Petugas Gabungan Customs Narkotics Team (CNT) yang bertugas di Bandara Internasional Juanda berhasil menggagalkan penyelundupan sabu-sabu yang dilakukan oleh dua tersangka, satu warga Malaysia bernama Mohd Fakaruddin bin Ripain (31) dan pelaku kedua, Juhar (28) warga Bangkalan Madura.

Tersangka Fakaruddin tiba di Bandara Knternasional Juanda menaiki pesaway Citilink (QG523) rute Kuala Lumpur – Surabaya. Dia amankan karena barang berupa box speaker yang dibawanya, terdapat sabu-sabu seberat 1.070 gram yan dikemas dalam 3 bungkus.

Tersangka lainnya yang juga diamankan oleh petugas gabungan CNT, yakni Juhar, penumpang pesawat Air Asia (02323) rute Kuala Lumpur – Surabaya, karena kedapatan membawa barang mengandung methapethamine yang dikemas dalam 5 bungkus.

“Kelima kemasan sabu-sabu itu terdeteksi disembunyikan dalam anus. “Total berat sabu-sabu yang dibawa oleh tersangka Juhar seberat 1.160 gram,” kata Kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Juanda, Budiharjanto Senin (18/3/2019).

Kedua saat tiba di bandara, gerak geriknya sudah mencurigakan. Kedua tersangka juga menjalani pemeriksaan intensif oleh petugas, dan barang bawaannya terdeteksi pada mesin X-Ray. “Untuk proses hukum, kedua tersangka diserahkan ke Dir Narkoba Polda Jatim,” tegas Budi.

Dalam kasus ini, kedua terancam Pasal 113 ayat (2) Undang-Undang Nomor 85 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 102 huruf e Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 Tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006. Selain meringkus dua tersangka penyelundup sabu-sabu, petugas gabungan juga mengamankan paket kiriman pos dalam karton berisi Narkotika jenis Cathinone seberat 7.950 gram. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar