Hukum & Kriminal

Bobol Konter dan Gasak Puluhan HP, Pemuda ini Ditembak Polisi

Abid, pelaku pembobol konter dengan modus menggandakan kunci setelah diringkus petugas Polres Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Seorang pemuda yang membobol sebuah konter Handphone di komplek ruko Perumahan Ronggolawe, Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, dibekuk petugas jajaran Sat Reskrim Polres Tuban, Kamis (31/10/2019).

Pelaku yang berhasil menggasak puluhan handphone berbagai merk itu diketahui bernama Abid Ahmad Baidilhaq (27), pemuda asal Perum Ronggolawe, Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Tuban. Pemuda itu terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran berusaha melawan saat dilakukan penangkapan.

Aksi pembobolan konter HP milik Kanang Setiawan itu dilakukan oleh Abid yang tak lain adalah teman dari korban itu sendiri terjadi pada sekitar bulan September kemarin. Pemilik konter tersebut sempat bingung, pasalnya tidak ada kerusakan sama sekali pada konter yang ada di pinggir jalan raya itu.

Selanjutnya, korban melaporkan kejadian hilangnya puluhan HP dari dalam konter miliknya itu kepada pihak kepolisian jajaran Polres Tuban. Sehingga petugas kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa saksi atas raibnya puluhan HP di dalam konter tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa modus pelaku adalah dengan penggandaan kunci konter,” terang AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban.

Kapolres Tuban saat menunjukkan barang bukti kejahatan dari pelaku pembobol konter

Penggandaan kunci konter itu dilakukan oleh Abid itu dengan cara awalnya meminjam sepeda motor milik korban pemilik konter tersebut. Karena pelaku sudah kenal dengan korban, sehingga mengetahui jika di motor tersebut terdapat kunci pintu konter yang kemudian digandakan.

“Setelah berhasil menggandakan kunci, akhirnya pelaku itu mencari waktu untuk bisa masuk ke dalam konter. Dan pelaku ini melakukan aksinya pada tanggal 10 September pada waktu dini hari,” tambahnya.

Setelah berhasil mengungkap modus pelaku itu, akhirnya petugas dari Sat Reskrim Polres Tuban berhasil mengidentifikasi keberadaan pelaku pembobol konter itu. Selanjutnya polisi melakukan pengejaran terhadap pemuda yang aslinya merupakan warga Kecamatan Brondong, Lamongan itu.

“Pelaku berhasil sebanyak 21 handphone dan kemudian dijual. Hasilnya uang itu dibuat untuk membeli barang-barang ini, seperti televisi, AC dan lainnya,” ungkap Kapolres Tuban asli kelahiran Bojonegoro itu.

Dari penangkapan pemuda yang membobol konter milik temannya sendiri itu petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti handphone serta barang elektronik yang telah dibeli pelaku dari penjualan HP itu. Selain itu, polisi juga mengamankan mobil Agya nopol S 1075 HR yang digunakan Abid dalam melakukan aksinya membawa HP hasil curian itu.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar