Hukum & Kriminal

BNN Kabupaten Malang Gelar Operasi Gabungan

Malang (beritajatim.com) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang Bersama Sat-Reskoba Polres Malang, Dokpol dan Satlantas Polres Malang, Jajaran Polsek Dampit, serta Dinas Perhubungan Kabupaten Malang menggelar operasi gabungan di Terminal Dampit, Sabtu (14/12/2019).

Kepala BNN Kabupaten Malang, Letkol Laut CPM Agus Musrichin, mengatakan operasi gabungan ini, untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba menjelang Natal dan Tahun Baru. Sekaligus sebagai bentuk upaya pemberantasan peredaran narkotika di wilayah Kabupaten Malang.

“Kali ini sasarannya para pengemudi serta kru angkutan umum, baik angkutan penumpang atau barang yang melintas,” ungkapnya.

Kata Letkol Agus, pihaknya melakukan pemeriksaan tes urine serta kesehatan, juga kelengkapan surat dan kelayakan kendaraan yang melintas.

“Ada sekitar 15 sopir dan kru angkutan umum yang kami periksa. Hasil pemeriksaan kesehatan dan tes urine, semuanya dinyatakan negative. Tidak satupun yang ditemukan mengkonsumsi narkoba,” jelasnya.

Menurut dia, para pengemudi yang terjaring operasi ini, selain melakukan tes kesehatan dan tes urine, mereka juga diberi imbauan dan pemahaman tentang bahaya narkoba. Supaya mereka juga bisa menjadi kader pemberantasan narkoba di sekitarnya.

“Semua kendaraan yang melintas dihentikan oleh petugas. Kemudian secara bergiliran, satu per-satu diperiksa oleh petugas. Kendaraan yang telah diperiksa ditempeli stiker Stop Narkoba sebagai bentuk sosialisasi bahaya narkoba,” ujarnya.

Letkol Agus menambahkan, kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat serta tidak layak, maka langsung mendapat sanksi berupa tilang dari petugas terkait.

“Operasi gabungan ini, selain untuk mencegah peredaran narkoba, sekaligus juga untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang disebabkan karena pengemudinya mengkonsumsi narkoba,” pungkasnya. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar