Hukum & Kriminal

Berseragam Indihome, Curi Kabel Telkom 200 Meter

Jombang (beritajatim.com) – Eko Susanto (31) dan Ahmad Abu Naziq (31), warga Desa/Kecamatan Diwek , Jombang, dibekuk petugas polsek. Mereka ditangkap saat mencuri kabel jaringan milik telkom di Desa Kedawong, Diwek.

Untuk mengelabui warga, kedua pelaku mengenakan seragam indihome. Sehingga seolah-olah sebagai petugas telkom yang sedang melakukan perbaikan jaringan.

Namun kedok pelaku akhirnya terbongkar. Hal itu berkat kejelian petugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas). Petugas curiga karena kedua pelaku melakukan pembenahan jaringan pada malam hari.

“Petugas kemudian mendatangi mereka guna menanyakan surat tugas. Keduanya kelabakan, tidak bisa menunjukkan surat tugas. Hingga akhirnya digelandang ke kantor polisi,” kata Kapolsek Diwek AKP Bambang Setyo Budi, Jumat (18/1/2019).

Bambang mengungkapkan, dalam menjalankan aksinya, para pelaku memotong kabel dengan menggunakan gergaji besi dan tang potong. Sedangkan untuk mengelabuhi petugas dan warga, pelaku mengenakan seragam Indihome.

Dari keterangan pelaku, lanjut Bamnang, seragam tersebut didapat saat mereka masih berkerja di salah satu rekanan telkom. Selain menangkap Eko dan Ahmad, polisi juga menyita barang bukti berupa kabel telkom sepanjang 200 meter.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP. Ancaman hukumannya, penjara paling lama lima tahun,” kata Bambang sembari menunjukkan barang bukti yang dimaksud. [suf/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar