Hukum & Kriminal

Beli HP lewat Online, Dua Warga Ponorogo Tertipu Puluhan Juta

Barno Kepala Desa Bringinan

Ponorogo (beritajatim.com) – Peringatan buat masyarakat yang ingin membeli barang lewat online. Harus mencermati betul, penjual itu kredibel dan dapat dipercaya atau malah penipu.

Apa yang dialami oleh dua warga dari Desa Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo ini menjadi pelajaran buat kita semua untuk selektif dalam membeli lewat dunia maya tersebut.

‘’Ada dua warga saya yang ketipu puluhan juta lewat online,’’ kata Kepala Desa Bringinan Barno, saat mengantarkan salah satu warganya yang tertipu tersebut melapor ke Polres Ponorogo, Senin (18/2/2019).

Barno menceritakan, menurut keterangan dua warganya yaitu Supri dan Suparmi. Mereka itu ingin membeli handphone yang bagus tetapi dengan harga dibawah standar melalui black market (BM). Yaitu di akun instagram @istqomaponcell. Dimana dipasaran dihargai Rp. 5 juta, namun di akun tersebut Cuma dihargai Rp. 1 juta. Langsunglah mereka berdua mentransfer uang sebesar Rp. 1 juta itu.

‘’Keduanya ini tertipu hampir berbarengan tetapi tempatnya berbeda. Supri tinggal di Desa Bringinan sedangkan Suparmi, warga Desa Bringinan yang lagi bekerja ke luar negeri,’’ katanya.

Setelah ditunggu hampir dua minggu, lanjut Barno handphone tersebut tak kunjung datang ke rumah. Malah keduanya dihubungi seseorang yang mengaku dari bea cukai dan mengabarkan kalau handphone tersebut tertahan disana. Dan meminta sejumlah uang sebagai uang damai.Sebab si penelepon tersebut mengancam akan memasukan kedua korban ke penjara. Dengan tuduhan menjadi penadah barang ilegal.

‘’Mungkin saking takutnya, keduanya mengikuti keinginan si penelepon tersebut. Supri sudah mentransfer sebesar Rp. 20 juta sedangkan Suparmi Rp. 85 juta,’’ katanya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Ponorogo, AKP Maryoko membenarkan adanya laporan penipuan lewat pembelian online tersebut. Namun baru satu orang dari desa Bringinan yang melaporkan. ‘’ini masih dalam proses, tunggu kabar selanjutnya,” pungkasnya.[end/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar