Hukum & Kriminal

Bapak-Anak di Malang Kompak Jual 200 Pohon Jati Curian

Malang (beritajatim.com) – Pencurian kayu hutan di Kabupaten Malang mengantarkan seorang bapak dan anak masuk bui. Dari tangan kedua pelaku, Satuan Reserse Kriminal Polres Malang, menyita barang bukti berupa 200 kayu jati dan 13 pohon kayu jenis mahoni.

Kedua pelaku, dijerat pasal 83 ayat (1) huruf a, b dan atau pasal 87 ayat (1) huruf c dan atau pasal 88 UU no. 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengerusakan hutan.

Kanit II Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satreskrim Polres Malang, Iptu Agung Hartawan mengatakan, lokasi pencurian berada di petak 107 da masuk Dusun Nampurejo, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. “Kedua pelaku ini bapak dan anak. Si anak mencuri pohon hutan, lalu ditampung bapaknya dan di jual ke wilayah Pasuruan,” ungkap Iptu Agung, Selasa (9/7/2019) sore pada wartawan.

Kedua pelaku atas nama Giyarto (47) dan Hengki (24), warga Dusun Nampurejo, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Kata Iptu Agung, modus yang dilakukan pelaku, sengaja mencampur kayu jati hutan curian dengan kayu desa seperti mahoni dan jati yang legal. “Untuk mengelabuhi kami, tersangka biasanya mencampur kayu jati curian. Tapi setelah kita selidiki dan kita cek bersama petugas Perhutani, ada tonggakan kayu hutan yang habis terpotong. Setelah kita periksa, kayu tersebut hasil curian,” paparnya.

Sementara itu, Hengki mengaku ia mencuri kayu jati dan mengambil kayu jati curian yang sudah dipotong menggunakan motor. “Saya angkut dengan motor. Kemudian saya simpan dulu di ladang. Baru diserahkan ke bapak,” tutur Hengki sambil menunjuk ayah kandungnya.

Giyarto sendiri berdalih ia tidak tahu jika kayu dari anaknya adalah kayu jati curian milik Perhutani. Setelah mencampur kayu, Giyarto menjualnya ke wilayah Pasuruan. “Saya jual ke Pasuruan. Biasanya satu kubiknya saya jual Rp 1 juta,” urainya.

Adapun barang bukti yang disita Polisi dari kedua tersangka berupa satu unit truck warna kuning mitsubisi warna kuning nopol N-8275-UE. Lalu 200 ratus batang kayu jati berukuran 1-2 meter. 13 batang kayu mahoni, 1 buah gergaji kayu, 2 gergaji esek dan 1 motor Yamaha Alfa.

Pelaku diamankan pada waktu sedang mengangkut kayu jati curian sebanyak lebih dari 8 kubik ke atas truk. Sopir truk, turut diamankan dan dilakukan pemeriksaan atas kasus ini. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar