Hukum & Kriminal

Antisipasi Money Politic, Kapolres Pimpin Apel Pergeseran PAM TPS

Gresik (beritajatim.com)- Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Gresik melaksanakan apel pergeseran pasukan pengamanan TPS di halaman Kantor Pemkab Gresik, Selasa (16/04/2019). Apel itu sebagai persiapan akhir jelang hari pemungutan suara besok (17/4) serta mengantisipasi money politic.

Dihadapan ratusan peserta apel yang terdiri dari PAM TPS, Kepolisian, TNI dan Linmas, Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro mengharapkan komitmen untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. “Sekali lagi, saya tekanankan bahwa TNI dan Polri menjaga netralitas, saya harapkan kepada petugas yang berada di lapangan agar untuk segera berkoordinasi dengan pimpinan atau KPPS bila ada kendala di lapangan,” ujarnya.

Lebih lanjut Wahyu mengatakan, dalam pergeseran pasukan ini menitiberatkan pada pengamanan TPS selama tiga hari. Dalam pengamanan TPS tersebut juga melibatkan anggota TNI, Linmas serta Satpol PP. Selain itu, juga sebagai antisipasi mencegah money politic saat pemungutan suara. “Kami menghimbau agar masyarakat menggunakan hak politic-nya dengan baik tidak perlu risau,” paparnya.

Ia menambahkan, selama tiga hari Polri, TNI dibantu instansi terkait melakukan kegiatan operasi secara ofensif. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan pemilu besok berjalan dengan aman, dan kondusif. “Sejak dini hari tadi kami juga melaksanakan operasi dengan target orang yang melakukan money politic,” tambahnya.

Saat operasi itu lanjut Wahyu, anggotanya sempat mendapat info laporan tersebut. Namun, saat dilakukan penyelidikan belum ditemukan. Kendati demikian, pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak usah takut saat menemukan adanya money politic. “Masyarakat tidak usah kuatir dan takut jika ada laporan soal money politic,” ungkapnya.

Saat melakukan pengecekan pasukan. Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro juga didampingi perwira menengah dari Pamawatwil Mabes Polri Kombes Pol Seno, Dandim 0817 Letkol Inf Budi Handoko, dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Dalam pengamanan TPS itu, Polres Gresik mengerahkan 660 personil, 2.654 pengamanan TPS. Ditambah anggota TNI dan bantuan 160 personil marinir, 20 personil Paskhas TNI AU serta anggota Linmas sebanyak 7.308 orang. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar