Hukum & Kriminal

Angka Kriminalitas Turun, Ponorogo Semakin Kondusif

Ponorogo (beritajatim.com) – Polres Ponorogo menggelar rilis ungkap kasus selama kurun waktu tahun 2019 ini. Tercatat tingkat kriminalitas di tahun ini mengalami penurunan.

Pada tahun 2018 ada 399 kasus, sedangkan pada tahun 2019 ada 263 kasus. Yang mengalami peningkatan terjadi pada pengungkapan kasusnya. Jika tahun lalu dari 399 kasus, yang terungkap sebanyak 302 kasus. Sedangkan tahun ini dari 263 kasus yang ada, tercatat terungkap sebanyak 208 kasus.

Tentu dengan penurunan jumlah kasus yang ada, dan tren pengungkapan kasus yang mengalami peningkatan tersebut, Ponorogo bisa dikatakan semakin kondusif.

”Ponorogo semakin kondusif, angka kriminalitas turun dan tren pengungkapan kasusnya meningkat tahun ini,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto, Selasa (31/12/2019).

Arief menyebut jika perjudian menyumbang kasus paling banyak. Meski pada tahun ini sudah turun di angka 46 kasus, jika dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 120 kasus. Untuk kasus narkoba tahun ini, masih didominasi oleh peredaran pil dobel L dengan barang bukti yang diamankan 25 ribu butir. Sedangkan untuk minuman keras disita sebanyak 2.715 liter.

”Untuk narkoba jenis lainnya jumlahnya masih sangat sedikit,” katanya.

Meski secara keseluruhan memgalami penurunan, namun ada sejumlah kasus yang mengalami peningkatan. Seperti kasus korupsi, di tahun 2019 ada 5 kasus yang diungkap, sedangkan tahun lalu hanya 1 kasus. Arief menyebut jika dalam pengungkapan kasus, peran serta masyarakat serta pihak lain sangat diharapkan. Agar Ponorogo terus tercipta suasana yang kondusif dan jauh dari aksi kriminalitas.

”Kedamaian Ponorogo merupakan tanggungjawab semua, jadi mari kita jaga bersama,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar