Hukum & Kriminal

Akun FB Legislator Gerindra Dipakai Tipu Orang

Jember (beritajatim.com) – Akun Facebook milik Alfian Andri Wijaya, legislator DPRD Jember, Jawa Timur, dari Partai Gerindra diretas oleh seseorang tak dikenal. Satu orang telah menjadi korban penipuan.

“Satu orang korban tertipu dan mentransfer uang Rp 1,5 juta ke rekening oknum itu,” kata Alfian, Selasa (25/6/2019) malam.

Alfian baru tahu jika akun Facebooknya diretas pada 24 Juni 2019. Dia ditelepon Sofie Mahrus, warga Desa Karangsemanding, Kecamatan Balung yang mengabarkan adanya permintaan sejumlah uang via pesan akun FB tersebut.

Alfian terkejut. Ia tidak pernah merasa minta sepeser pun uang kepada Sofie. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Jember ini kemudian mengecek akun Facebooknya. “Ternyata telah diretas. Saya tidak bisa log in,” katanya.

Alfian juga mendapat pesan dari beberapa orang kawan dan kerabat yang mengaku menerima pesan serupa dari akun FB tersebut. “Menurut cerita teman-teman yang menerima pesan inbox dari pelaku, modus pelaku adalah mengirimkan nomor baru ponsel fiktif dan rekening lewat inbox FB kepada para korban,” katanya.

Pelaku meminjam uang ke banyak orang dengan alasan kartu ATM tertelan atau lupa PIN ATM. Tak ingin ada korban lagi, Alfian melapor ke polisi, Selasa siang. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar