Hukum & Kriminal

Ahli ITE Kominfo Dihadirkan di Sidang Ahmad Dhani

Surabaya (beritajatim.com) -Ahli hukum ITE di Kementrian Kominfo selaku Kepala subdit penindakan hukum pidana Teguh Afriadi diajukan sebagai ahli oleh tim kuasa hukum Dhani Ahmad Prasetyo dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (28/3/2019).

Dihadapan majelis hakim yang diketaui Raden Anton Widyopriono, ahli menerangkan banyak hal terutama terkait pasal 127 ayat 3 yang dijeratkan pada terdakwa Dhani Ahmad.

Menurut Ahli, jeratan pasal 127 ayat 3 adalah delik aduan. Dan kasus tersebut kata ahli pada umumnya tidak sampai dilanjut hingga persidangan atau berakhir dengan mediasi atau perdamaian.

” Bagaimana dengan kasus Kaesang putra Presiden yang juga dijeratkan pasal 127 ayat 3,” ujar salah satu pengacara terdakwa.

Ahli menyebut, kasus Kaesang akhirnya dihentikan karena kata ndeso yang dimaksud oleh Kaesang tidak menunjuk pada subjek tertentu melainkan suatu candaan. Seperti halnya kata Ndeso, dungu, idiot.

Ahli menyebut, penerapan pasal 127 ayat 3 UU ITE dikategorikan sama dengan pasal 315 KUHP yakni penghinaan ringan dengan ancaman hukuman empat bulan. Itupun kata ahli harus banyak kualifikasi yang harus dilakukan. [uci/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar