Hukum & Kriminal

Narkoba 5,8 Kilogram Sabu Dimusnahkan BNNP

Surabaya (beritajatim.com) – Narkoba sebanyak 5,8 Kilogram dimusnahkan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur, Selasa (9/10/2018). Pemusnahan dilakukan dengan cara dimasukkan ke insinerator (alat pemusnah). Total barang bukti tersebut didapat dari 15 tersangka yang rata-rata mantan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Malaysia.

Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso menyebut ke 15 tersangka tersebut adalah MI, AL, JP, AI, ED, IS, IR, SN, MN, YR, MR, ZM, SB, LH dan RM. Setelah melalui penyidikan dan pengembangan, Bambang mengaku semua tersangka berhasil diamankan di TKP wilayah Jawa Timur, yakni Madiun, Malang, Sidoarjo dan Surabaya.

\”Lima belas tersangka ini rata-rata mantan TKI, karena dari hasil pemeriksaan punya paspor. Mereka juga rata-rata pernah bekerja sebagai kuli, pembantu rumah tangga di Malaysia sehingga saat pulang dan melihat pekerjaan ini sebagai potensi luar biasa, hingga akhirnya pesan,\” kata Brigjen Pol Bambang Budi Santoso.

Bambang menjelaskan, barang bukti sabu-sabu itu berasal dari luar Jatim. Tepatnya yakni dibawa dari Riau melalui udara dan darat. Kebanyakan dibawa dari jalur darat menggunakan bus seolah-seolah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari luar negeri karena jika dari udara sudah tercium oleh petugas BNNP.

Selain itu, lanjut Bambang, para pelaku juga tetap menggunakan pola yang sama ketika mengirim barang dengan kasus-kasus yang selama ini sering diungkap BNNP Jatim. Sistemnya diantaranya sistem ranjau, yakni antara kurir dan pemberi perintah untuk mengantarkan sabu tidak saling bertemu dan tidak saling kenal. [uci/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar