Hukum & Kriminal

447 Personil Gabungan Disiapkan Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 447 personil gabungan di Pamekasan, disiapkan untuk mengamankan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Jumlah tersebut merupakan personil gabungan dari berbagai unsur, di antaranya personil TNI-Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), serta unsur terkait.

“Personil ini nantinya akan melakukan pengamanan mulai H-7 (sebelum lebaran) sampai dengan H+7 lebaran,” kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pamekasan, Kompol Jalaluddin, Selasa (21/5/2019).

Tidak hanya itu, selain mengamankan arus mudik dan balik lebaran. Sejumlah personil juga ditugaskan untuk mengamankan kegiatan salat tarawih selama Ramadan 1440 Hijriyah. “Dari total 447 personil gabungan, sebanyak 200 di antaranya berasal dari unsur Polri,” ungkapnya.

“Saat ini kami juga sudah mulai melakukan koordinasi bersama instansi terkait di lingkungan Pemkab Pamekasan, mengenai persiapan pos pantau menjelang arus mudik dan balik lebaran,” jelasnya.

Sementara keberadaan pos pantau tersebut nantinya bakal ditempatkan di berbagai titik di Pamekasan, di antaranya di Jl Raya Tlanakan, Jl Raya Waru, Jl Raya Talang Siring, serta pos induk di area Arek Lancor. “Pos pantau ini nantinya kita sebar di berbagai titik, induk pos pantau tetap di area Arek Lancor,” pungkasnya.

Sebelumnya dalam rapat koordinasi bersama Pemkab Pamekasan, pengamanan khusus pada malam lebaran. Salah satunya larangan takbir keliling di area perkotaan, sebab berdasar pengalaman tahun sebelumnya kegiatan tersebut justru sering disalah gunakan. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar