Hukum & Kriminal

4 Maling Motor di Kawasan Sekitar Kampus di Jember Dibekuk

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengembalikan kendaraan curian yang sudah ditemukan kepada pengendara Gojek.

Jember (beritajatim.com) – Polisi membekuk empat maling sepeda motor yang biasa beraksi di kawasan sekitar kampus, Kecamatan Jember, Jawa Timur, Rabu (6/2/2019) kemarin.

“Rumah yang jadi sasaran adalah rumah yang pintunya bisa dicongkel dan gerbangnya bisa dibuka. Oleh karenanya kita harus antisipasi dalam siskamling,” kata Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo, Jumat (8/2/2019).

Tiga tersangka adalah warga Dusun Krajan, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukowono. Mereka berinisial AS (26), S (28), dan RH (32). Tersangka lain berinisial K, warga Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, bertugas menadah hasil tindak pidana pencurian sepeda motor Beat warna putih di Jalan Karimata Gang Pajak.

Polisi mengamankan barang bukti berupa dua sepeda motor Vixon dan dua unit Honda Beat. Barang bukti itu diserahkan kepada sang pemilik kendaraan. Salah satunya adalah seorang pengendara Gojek.

AS berperan sebagai eksekutor dengan menggunakan kunci T. Dia mengambil sepeda motor yang diparkir di halaman rumah kos.

“AS ini residivis. Dia pernah dihukum di Lembaga Pemasyarakatan Jember pada tahun 2016 sehubungan tindak pidana pencurian dengan perampasan. Dia divonis hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan,” kata Kusworo.

S betugas memperbaiki sepeda motor Vixon warna biru putih bergambar Doraemon dan mengubahnya menjadi warna merah. RH bertugas menyediakan Honda Beat warna putih yang dipakai saat beraksi dan memantau AS yang mengeksekusi sasaran.

Ada satu buronan dalam kasus ini yang berinisial PD (35). Warga Dusun Puloseng, Sukowono Jember ini mengawasi AS dan menjual barang curian kepada K. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar