Hukum & Kriminal

18 Hacker Kerja Sama Bobol Kartu Kredit Rp 500 Juta

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 18 hacker pembobol kartu kredit diamankan Polda Jatim. Dari temuan polisi, para hacker tersebut mampu mengantongi keuntungan 40.000 USD atau sekitar Rp 500 juta.

Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan di Mapolda Jatim menyatakan 18 hacker saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Polda Jatim. Dalam waktu 24 jam, pihak kepolisian akan melakukan pendalaman terhadap kasus ini.

“Sementara karena belum 1×24 jam, ini baru kita lakukan pendalaman. Kegiatan ini terorganisir dan sudah berjalan tiga tahun. Karena memang basisnya menggunakan ITE jadi jangkauannya banyak, ada hacker. Tersangka 18 orang kita amankan,” ujar Gideon, Selasa (2/12/2019).

Dari penggerebekan ini, Gidion menyebut pihaknya telah mengamankan beberapa barang bukti. Selain itu, kelompok ini juga membidik para pemilik kartu kredit di Rusia dan Amerika.

“Ada 18 orang yang diamankan dengan barang bukti ada 23 PC, 29 monitor, 20 hp dan puluhan rekening bank. Omzetnya kurang lebih 40 ribu US. Kalau ITE pasti borderless. Sasarannya Amerika dan Rusia,” tambahnya.

Saat disinggung terkait modus pelaku dalam melakukan pembobolan kartu kredit, Gidion menyebut pihaknya masih melakukan pendalaman dengan memeriksa para pelaku.

“Kita masih melakukan pendalaman,” pungkasnya. [uci/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar