Kamis, 15 Nopember 2018

Ciptakan Mamin dari Tumbuh-tumbuhan di Sekitar Lingkungan

Kamis, 08 Nopember 2018 20:56:52 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Ciptakan Mamin dari Tumbuh-tumbuhan di Sekitar Lingkungan

Bojonegoro (beritajatim.com) - Adib Nurdiyanto, Warga Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, berhasil menciptakan inovasi baru sejumlah produk makanan dan minuman (mamin) herbal. Produk herbal tersebut diperoleh dari lingkungan sekitarnya.

Ia memproduksi tujuh minuman herbal, seperti Teh Bougenville, Teh Kemangi, Teh Daun Kersen, Teh Daun Mangga, Saka Putih, Wedang Okra dan Sari Binahong. Produk-produk herbal tersebut sudah dijual dan telah dinikmati berbagai kalangan masyarakat.

Sementara, produk inovasi makanan herbal yang dia ciptakan antara lain Gethuk Oven, Kue Kering Okra dan Kerupuk Kulit Singkong. Selain hanya untuk konsumsi makanan, produk herbal minuman dan makanan tersebut juga memiliki khasiat.

"Khasiatnya berbeda-beda di antaranya minuman untuk setamina pria dan wanita, daya tahan tubuh, kesehatan dan lainnya," ujar Adib, Kamis (8/11/2018).

Selain produk makanan dan minuman, dirinya juga  mendaur ulang aneka kerajinan berbentuk hewan dan bunga serta pupuk organik cair. "Produk daur ulang ini muncul karena pola integrasi yang diterapkan dalam pengembangan inovasi," ungkapnya.

Untuk menampung sejumlah produk inovasinya, Adib bekerjasama dengan masyarakat setempat, mendirikan rumah kreatif. Rumah kreatif tersebut dikelola warga setempat dan menjadi wadah inovasi serta ide-ide kreatif mereka.

Pendirian rumah kreatif ini merupakan upaya warga dalam mewujudkan slogan Desa Mojodeso yakni Sehat, Mandiri, Sejahtera. Menurutnya, sehat sebagai modal dasar keberlangsungan hidup, maka diciptakan berbagai produk berkhasiat bagi kesehatan.

"Hasil penjualan produk-produk inovasi rumah kreatif dimasukkan kas rukun tetangga sebagai pendapatan asli rukun tetangga (PART). PART ini digunakan untuk keperluan pemeliharaan taman lingkungan, bantuan dana untuk pengajian anjangsana dan kirab budaya dilingkup rukun tetangga," jelas Adib.

Rumah kreatif berkonsep lingkungan ini telah mendapat penghargaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro. Selain digunakan warga untuk membuat produk herbal, rumah kreatif juga dimanfaatkan sebagai tempat pembelajaran bagi siswa, mahasiwa serta khalayak umum.

"Agar lebih bermanfaat, rumah kreatif berupaya menularkan ilmu ke beberapa desa lain. Sedangkan untuk wisata edukasi, rumah kreatif menjadi salah satu titik kunjungan paket wisata edukasi yang diselenggarakan Pokdarwis Desa Mojodeso," tutupnya. [lus/suf]

Tag : lingkungan

Komentar

?>