Senin, 19 Nopember 2018

Disparbud Optimis Target 7 Juta Wisatawan Terpenuhi

Minggu, 04 Nopember 2018 18:51:49 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Disparbud Optimis Target 7 Juta Wisatawan Terpenuhi

Malang (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pariwisata dam Kebudayaan (Dispardub) setempat, menargetkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang tahun 2018 dapat mencapai angka tujuh juta. Namun, hingga memasuki November ini realisasi target itu belum sepenuhnya memuaskan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengatakan, hingga saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang baru berkisar diantara 4,6 juta. Wisatawan domestik (wisdom) masih mendominasi angka kunjungan tersebut.

"Tahun ini target kita tujuh juta. Sekarang baru sekitar empat koma enam juta wisatawan. Tapi kita optimis bisa terpenuhi nanti," ujar Made, Minggu (4/11/2018).

Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malang itu menambahkan, momen melonjaknya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang diprediksi terjadi pada akhir-akhir menjelang pergantian tahun.

"Biasa paling banyak itu hari-hari sebelum tahun baru. Itu momennya. Paling banyak dikunjungi tetap pantai, Balekambang, dan sekarang kan juga ada yang baru seperti Teluk Asmara," terangnya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang, khususnya pantai, adalah terjadinya rob atau naiknya air laut hingga tepi pantai beberapa waktu lalu. Hal itu tidak dapat dipungkiri sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan.

Selain itu, Made menjelaskan, untuk wisatawan mancanegara (wisman) Kabupaten Malang memang masih minim. Disparbud mengakui, target kunjungan wisatawan bukan dari wisman tapi lebih ke wisdom.

"Paling banyak turis dari Jerman, Belanda dan Prancis. Perbandingan wisatawan mancanegara dengan domestik memang jauh. Kalau tahun 2017 itu kunjungan wisatawan mancanegara masih 100 ribu-an, kalau tahun ini sudah lebih dari itu," kata Made mengakhiri. [yog/suf]

Tag : pariwisata

Komentar

?>