Minggu, 18 Nopember 2018

Begini Kemeriahan Seni Rampak Barong Khas Trenggalek

Selasa, 23 Oktober 2018 09:14:16 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Begini Kemeriahan Seni Rampak Barong Khas Trenggalek

Trenggalek (beritajatim.com) - Para Seniman Barong yang tergabung dalam Paguyupan Banteng Krido Kabupaten Trenggalek menggelar acara Rampak Barong dan Senam Goyang Dayung. Acara ini untuk menyambut hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018, sekaligus sebagai aksi galang dana peduli Donggala Palu dan Sigi, Sulawesi.

Rampak Barong ini menempuh jarak kurang lebih 1,5 kilometer. Peserta mengambil start di Jalan Dewi Sartika atau Kantor BNNK Trenggalek lalu finish di Alun-Alun Kabupaten Trenggalek. Kegiatan ini ditonton oleh ribuan warga.

"Rampak barong dan goyang dayung ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, sekaligus aksi galang dana peduli bencana Dunggala Palu dan Sigi. Guna membantu dan meringankan beban saudara kita yang terkena musibah," ucap Trimo Dwicahyono, selaku pembina Paguyupan Banteng Krido Trenggalek.

Menurutnya, peserta Rampak Barong berasal dari para Seniman Barong Trenggalek. Totalnya sebanyak 1.263 seniman baik dari Trenggalek maupun luar daerah. Seni Barong sendiri merupakan budaya khas Trenggalek yang terus lestari.

"Antusias masyarakat Trenggalek cukup tinggi dan kami mengucapkan terimakasih yang telah menyumbangkan dana untuk peduli Dunggala Palu dan Sigi. Dari dana bantuan yang terkumpul sekitar Rp 9.227.900," bebernya.

Dana yang terkumpul dari kegiatan penggalangan ini selanjutnya akan diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Trenggalek. Setelah itu, donasi bakal disumbangkan kepada korban bencana di Sulawesi Tengah. [nng/suf]

Tag : seni barongan

Komentar

?>