Jum'at, 19 Oktober 2018

Sebar Uang Receh, Tradisi Unik Saat Sedekah Bumi

Senin, 08 Oktober 2018 00:32:01 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Sebar Uang Receh, Tradisi Unik Saat Sedekah Bumi

Bojonegoro (beritajatim.com) - Beda daerah, beda tradisi dalam melaksanakan dan mengaktualisasikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Pencipta. Salah satunya merupakan tradisi sedekah bumi. Bentuk syukur setiap daerah memiliki caranya masing-masing.

Ada tradisi unik, pada acara Sedekah Bumi di pepunden Dusun/Desa Turigede, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro. Adalah tradisi Udek. tradisi yang dilakukan dengan melemparkan uang recehan dan diperebutkan orang banyak.

Menurut sesepuh desa setempat Ki Cokro, tradisi ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya pada acara sedekah bumi, yang mana hal ini merupakan bentuk rasa syukur warga desa kepada Tuhan Yang Maha Agung sebagai pencipta alam semesta dan bentuk interaksi sosial masyarakat setempat.

"Setelah Udek ini nanti akan dilaksanakan makan bersama atau manganan yang makanannya diperebutkan juga oleh warga masyarakat," ungkapnya, Minggu (7/10/2018).

Wakil Bupati Bojonegoro, Budi irawanto hadir dalam kegiatan tersebut. Dia berharap, tradisi Udek dalam sedekah bumi ini harus tetap dilestarikan. hal itu menjadi salah satu budaya kearifan lokal yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan.

"Tradisi seperti ini harus dipertahankan sebagai bentuk kearifan lokal yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan, jadi tradisi ini tidak usah jadi perdebatan," ungkapnya. [lus/suf]

Tag : tradisi

Komentar

?>