Selasa, 23 Oktober 2018

Tari Kuda Slining Lumajang Tampil Dievent Festival Payung

Sabtu, 08 September 2018 18:36:51 WIB
Reporter : Harry Purwanto
Tari Kuda Slining Lumajang Tampil Dievent Festival Payung

Lumajang (beritajatim.com) - Tari Kuda Slining khas Lumajang tampil Festival Payung Indonesia di Pelataran Candi Borobudur - Magelang. 

Seniman yang beraksi dari Sanggar Tari Langen Kusumo dari Desa/Kecamatan Candipuro.
"Festival Payung ini adalah even Internasional," kata Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbu)  Lumajang,  Indrijanto pada beritajatim.com, Sabtu(8/9/2018).

Lanjut dia, kesempatan ini hadir saat Tari Kuda Slining tampil di event Eksotika Bromo tahun lalu.  Kemudian,  penyelanggara dan penggasan event Tari Payung mengundangnya.

"Ada 30 kesenian daerah yang tampil, kemudian dari Negara Eropa dan Asia," paparnya.

Tari Kuda Slining adalah kesenian khas Lumajang berkembang setelah Kuda Kencak lebih dulu.  Seni ini,  sang penari menaiki kuda buatan seperti layaknya nari Kuda Kencak.

"Irama musik dan hentakan penari menjadi daya tarik," jelasnya.

Disparbud sangat berharap kesenian Lumajang lebih banyak tampil dievent Nasional dan Internasional. Karena, banyak perpaduan budaya Jawa dan Madura.

"Kita terus berkomunikasi dengan Kementerian dan Disparbud Jatim,  untuk diundang di berbagai event," ujat Kadisparbud,  Deni Rohman.

Bagi dia,  dengan dikenalkan kebudayaan Asli Lumajang makin menunjukan peradaban daerah. "Itu harapan kami,"  pungkasnya. (har/ted)

Tag : kesenian

Komentar

?>