Minggu, 18 Nopember 2018

Kreativitas Tanpa Batas Komunitas Teater Sekolah di Kediri

Minggu, 19 Agustus 2018 17:09:59 WIB
Reporter : Ribut Wijoto
Kreativitas Tanpa Batas Komunitas Teater Sekolah di Kediri

Kediri (beritajatim.com) - Teater Padma MAN 1 Kota Kediri kembali menggelar festival teater dalam rangka miladnya yang ke-16. Seperti tahun sebelumnya acara yang di gelar di Aula sekolah pada Sabtu malam, tanggal 18 Agustus 2018 tersebut menampilkan beberapa pertunjukan teater dan musikalisasi puisi dari berbagai sekolah sekitar kota Kediri. Acara ini merupakan kegiatan tahunan sebagai ajang apresiasi bagi komunitas teater-teater sekolah di kota Kediri. 

Pelatih Teater Padma MAN 1 kota Kediri Agoez Haryst mengatakan bahwa ekstra kulikuler teater sekolah merupakan tempat berkembangnya proses kreatif di lingkungan sekolah. Dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan mampu membangkitkan daya kreatif bagi para pegiat teater di kalangan anak sekolah khususnya di kota Kediri. “Kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan untuk memberikan apresiasi dan evaluasi bagi proses kreatif mereka”, imbuhnya.

Menurut Agus R. Subagyo selaku pembina teater Gondo Arum dan Cakra dari Nganjuk mengatakan teater tidak sekedar berlatih akting. Banyak hal yang bisa dipelajari dengan ikut terlibat dalam kegiatan teater sekolah. Dalam berteater anak-anak tidak sekedar belajar akting, tapi lebih dari itu anak-anak juga belajar tentang manajemen pertunjukan, proses kreatif, serta keorganisasian dalam mengelola komunitas seni,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini tater Padma selaku tuan rumah menampilkan musikalisasi puisi “Hujan Bulan Juni” karya Sapardi Djoko Damono dan drama yang berjudul “Suara Ho-Ha” karya Agus R. Subagyo. Selain teater Padma pada acara tersebut juga tampil komunitas-komunitas teater dari beberapa sekolah, Teater Baut SMA Muhammadiyah kota Kediri, Teater Sadel SMAN 8 kota Kediri, Teater 240 derajad, Teater Adab UNP Kediri, Teater Gondo Arum dan Teater Cakra dari Nganjuk.

Pak Ikhsan selaku Waka Kesiswaan MAN 1 kota Kediri merasa bangga atas terselenggaranya acara tersebut. Kegiatan semacam ini harus didukung, karena mampu meningkatkan kreatifitas, memberikan nilai positif dan menjadi pendidikan karakter bagi anak-anak,” ungkap Ikhsan. Hal serupa  juga diungkapkan oleh Nashar selaku pembina seni. Kita akan selalu mendukung dengan cara menjalin komunikasi yang positif antar komunitas yang terdapat di sekolah,” ujar Nashar.

Acara ini selain dihadiri Waka Kesiswaan MAN 1 kota Kediri, juga dihadiri beberapa guru, dan para pelaku teater kota Kediri. Setelah acara pertunjukan usai  dilanjutkan dengan saresehan sebagai bahan evaluasi kegiatan agar kedepannya menjadikan kegiatan ini semakin lebih kreatif. Dalam saresehan tersebut ditemukan banyak hal yang menjadi bahan introspeksi dan motivasi untuk meningkatkan kreatifitas bagi para pelaku teater di kota Kediri khususnya komunitas teater sekolah. [but]

Tag : teater

Komentar

?>