Rabu, 19 September 2018

DKJT Beri Penghargaan untuk Kritikus Sastra

Selasa, 14 Agustus 2018 22:54:29 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
DKJT Beri Penghargaan untuk Kritikus Sastra

Surabaya (beritajatim.com) - Masih minimnya geliat kritik sastra di Jawa Timur menjadi keresahan tersendiri bagi Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT). Untuk itu, DKJT mengadakan sayembara kritik sastra yang pemenangnya diumumkan Selasa (14/8/2018) di Pendopo Gedung Kesenian Cak Durasim Surabaya.

Sebanyak 22 naskah didapat dari kritik sastra yang dirilis di Majalah Suluk, sejak enam tahun yang lalu. Dari banyak naskah tersebut, terdapat beberapa model kritik sastra antara lain kritik puisi, prosa, naskah, tokoh dan penokohan, komunitas dan sebagainya.

Sayembara ini menghadirkan tiga juri yakni, Prof. Putera Manuaba (Guru Besar Sastra Indonesia dari Universitas Airlangga), Ribut Wijoto (Kritikus Sastra), Binhad Nurrahmad (Sastrawan Jawa Timur).

Menurut Ketua acara dan komite sastra DKJT Indra Tjahyadi, Jawa Timur masih sangat minim Kritikus Sastra. "Kritik ini harusnya menjadi jembatan antara karya dan publik. Mungkin tingkat baca yang rendah juga dikarenakan minimnya kritik sastra," ujarnya.

Dari sayembara tersebut didapatkan 3 pemenang dengan kriteria kritik sastra yang metodis dan kedalaman pemikiran, yakni Bramantio (dosen Sastra Indonesia Unair), Dheny Jatmiko (dosen Sastra Indonesia Untag), M. Faizi (Sastrawan Jatim).

Juga didapati 9 nominasi lainnya yakni, Autar Abdillah, Ahmad Faishal, Beni Setia, Budi Palopo, Dadang Ari Murtono, Deny Mizhar, R. Giryadi, Tjahjono Widijanto serta Taufiq WR. Hidayat. [adg/suf]

Tag : sastra

Komentar

?>