Kamis, 22 Nopember 2018

Peringati Hari Remaja, Tumbuhkan Partisipasi Remaja Bojonegoro

Minggu, 12 Agustus 2018 12:06:30 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Peringati Hari Remaja, Tumbuhkan Partisipasi Remaja Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) - Di bawah pohon rindang, di salah satu sudut Taman Rajekwesi Bojonegoro, puluhan remaja berkumpul membuat lingkaran. Mereka terdiri dari beberapa perwakilan komunitas lokal Kabupaten Bojonegoro, Minggu (12/8/2018) pagi.

Mereka memanfaatkan momentum peringatan Hari Remaja Internasional (International Youth Day) dengan diskusi bertema Partispation Corner; Menumbuhkan ruang partisipasi pemuda terhadap isu-isu sosial, lingkungan, dan korupsi.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Bojonegoro Institute, Sanggar Sayap Jendela, Ngaostik, Gerkatin, Telisik Bojonegoro, dan AJI Bojonegoro untuk memperingati Hari Remaja, 12 Agustus.

Berdasarkan sejarahnya,  Hari Remaja Internasional dicetuskan pada sidang PBB tahun 1998, dengan harapan menjadi ajang berbagi informasi dan edukasi terkait dunia remaja, menumbuhkan partisipasi remaja terhadap isu-isu ekonomi, sosial dan lingkungan, seperti kemiskinan, pemanasan global dan lain sebagainya.

"Kita ingin mendorong partisipasi remaja terkait pembangunan di Bojonegoro, menumbuhkan kepedulian terhadap isu lingkungan, sosial, pelayanan publik dan korupsi," kata Pegiat Bojonegoro Institute, Nasruli.

Di tengah acara, para peserta juga belajar Basindo (Bahasa Isyarat Indonesia), dari pegiat komunitas Gerkatin (Gerakan Kesejahteraan untuk Tuna Rungu Indonesia). "Kita semua perlu belajar bahasa isyarat, sehingga bisa berkomunikasi dengan teman-teman tuna rungu," kata pegiat Perpus Gatda, Agung.

Selain itu, ada juga sesi pelatihan pembuatan video untuk kampanye isu-isu sosial,  yang dipandu oleh Alfian Condro Guritno dan Radinal Ramadhana.

"Remaja adalah fase dimana kita bebas memilih apa yang terbaik untuk kita. Seperti memilih menebar kebaikan melalui media sosial, membuat video yang bisa menginspirasi dan menarik para pengguna media sosial, " jelas Fian.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan tersebut diikuti oleh Gerkatin, Perpus Gatda, Arus Giri, Ikatan Alumni Tambak Beras, Atas Angin, Bojonegoro Institute, Sayap Jendela, Guneman, Telisik Bojonegoro, Karang Taruna Sedahdikul, dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Bojonegoro. [lus/but]

Tag : komunitas

Komentar

?>