Rabu, 24 Oktober 2018

Malam Jumat, Makam Mbah Hamid Selalu Ramai Peziarah

Kamis, 09 Agustus 2018 20:44:13 WIB
Reporter : M Jakariya
Malam Jumat, Makam Mbah Hamid Selalu Ramai Peziarah

Pasuruan (beritajatim.com) - Nama Mbah Hamid atau Kyai Abdul Hamid memang sudah tidak asing lagi bagi warga Pasuruan. Bahkan namanya sebagai salah satu auliya’ (wali Allah) juga cukup masyhur di Jawa Timur. Tidak mengherankan jika makamnya selalu ramai dikunjungi para peziarah, terutama ketika malam Jumat dan pada saat peringatan Haul.

Meski makam Mbah Hamid bukanlah seperti makam anggota dari Walisongo maupun makam-makam kuno yang dikerematkan lainnya, pesona dan karismanya mampu menarik minat umat Islam untuk berwisata religi dan berziarah.

”Almaghfurllah Kyai Abdul Hamid memang semasa hidupnya pernah diberitahu oleh gurunya, Kyai Sepuh, bahwasanya nama beliau akan harum dan makam beliau akan banyak diziarahi kaum muslimin. Hal itu menjadi kenyataan. Setiap malam Jumat dan hari haul beliau, makam ini penuh sesak dengan para peziarah. Tidak hanya dari Pasuruan saja tetapi dari seluruh kota di Pulau Jawa,” ujar Khoirul, santri ponpes Salafiyah Pasuruan yang rutin berziarah.

Makam Kyai Hamid terletak tepat di belakang Masjid Jami’ Al-Anwar. Masid ini berdiri kokoh di jantung kota, di depan alun-alun kota Pasuruan. Posisi itu memanjakan para peziarah ketika selesai berdoa khusuk di makam. Wisatawan dapat bersantai di alun-alun Pasuruan.

Seiring meningkatnya jumlah wisatawan religi, Pemerintah Pasuruan mengalih fungsikan terminal lama kota menjadi tempat parkir para peziarah. Termasuk pula pangkalan becak wisata yang siap mengantar para wisatawan menuju makam atau berkeliling kota.

“Setiap malam Jumat saya dan keluarga rutin ziarah kesini. Tawasul dan ngalap berkah di makam beliau," tutur Romli, jamaah asal Bangil. [jak/but]

Komentar

?>