Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Pentas Teater SMKN 7 Padang di SMKN 12 Surabaya

Anak Mau Dibunuh Demi Nikahi Calon Menantu

Senin, 23 Juli 2018 20:02:59 WIB
Reporter : Ribut Wijoto
Anak Mau Dibunuh Demi Nikahi Calon Menantu
Latihan jelang pementarasan Intan Pangiriang

Surabaya (beritajatim.com) - SMKN 12 Surabaya bakal mendapatkan tamu istimewa dari Teater SMKN 7 Padang Sumatera Barat. Acaranye berupa pentas Randai 'Intan Pangiriang'. Sebuah pentas yang mengisahkan tentang konflik keluarga berlatar belakang tradisi Sumatera.

Dari cerita yang dilakonkan, bisa disaksikan, ada beragam konflik akibat manusia terlalu menuruti hawa nafsu berahi. Jangankan tradisi, bahkan, hubungan keluarga pun dikorbankan.

Harwi Mardianto,S.Sn, guru SMKN 12 Surabaya sekaligus pimpinan produksi dari pementasan ini memaparkan bahwa cerita berpusat pada tokoh Intan Pangiriang. "Intan Pangiriang merupakan dua bersaudara dari Rajo Angek Garang dan Puti Reno Pinang yang berkuasa di kerajaan Camin Tarui," tutur Harwi, Senin (23/7/2018).

Ditambahkan Harwi, Intan Pangiriang mempunyai tunangan bernama Puti Rambun Ameh, anak dari Rajo Tuo dan Puti Linduang Bulan. "Konflik bermula ketika istri Rajo Angek Garang meninggal karena sakit yang dideritanya," kata Harwi.

Dalam situasi menduda, Rajo Angek tergoda oleh kecantikan Puti Rambun Ameh. Padahal, Puti Rambun adalah calon istri dari anak kandungnya, Intan Pangiriang.

Terbuai oleh hawa nafsu, Rajo Angek ingin memperistri calon menantunya. Dia pun menghalalkan segala cara. Termasuk tega hendak membunuh anak kandungnya sendiri.

Keinginan Rajo Angek tentu saja ditentang oleh Rajo Angek. Kedua raja itu pun melakukan perkelahian sengit. Dan, Rajo Angek kalah. Kekalahan yang membuat Rajo Angek tersadar akan kekhilafannya.

Cerita berakhir dengan pernikahan Intan Pangiriang dengan Rambu Ameh. Keduanya hidup berbahagia. "Intan Pangiriang lalu naik tahta menggantikan Rajo Angek untuk memimpina kerajaan Camin Tarui," kata Harwi.

Sekadar diketahui, pentas Randai 'Intan Pangiriang' bakal digelar hari Selasa (21 Juli 2018) pukul 09.00 Wib di Sasana Artistika, SMKN 12 Surabaya. Aktor adalah 30 siswa SMKN 7 Padang. [but]

Tag : teater

Komentar

?>