Senin, 24 September 2018

Fenomena Unik Ranu Bedali, Warna Air Berubah-ubah

Kamis, 28 Juni 2018 10:37:48 WIB
Reporter : Harry Purwanto
Fenomena Unik Ranu Bedali, Warna Air Berubah-ubah

Lumajang (beritajatim.com) - Berubah-ubahnya warna air Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyosi, Lumajang, menjadi daya tarik wisatawan untu datang. Ada sekitar 100 lebih pengunjung ingin melihat fenomena unik danau di kaki Gunung Lemongan itu.

Dari keterangan warga dan pengelola,  perubahan warna air ranu bedali ada 3 yakni,  biru,  hijau dan cokelat. Fenomena ini jika dilihat dari atas. "Fenomena inilah yang membuat pengunjung datang," ungkap Fahrurozi, petugas pengelola wisata Ranu Bedali pada beritajatim.com, Kamis(28/6/2018).

Lanjut dia, pengunjung juga bisa turun kenbawah untuk menikmati segarnya air Ranu Bedali. Meski ada perubahan warna, tidak membuat ekosistem asli terganggu.n"Perubahan ini masih unik bagi kami, karena didasar Ranu tidak ada ganggang yang mempengaruhi perubahan warna," terangnya.

Fenomena unik Ranu Bedali berdampak saat lebaran kunjungan sehari bisa mencapi seribu orang. Bahkan, pengunjung bisa menikmati air terjun alami.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Deni Rohman mengaku fenomena unik Ranu Bedali daya tarik bagus untuk perkembangan wisata di Lumajang utara. Pengelolaan berbasi komunitas masyarakat sangat membantu ekonomi sekitarnya. "Ranu Bedali eksotika unik Lumajang," pungkasnya. [har/suf]

Tag : wisata

Komentar

?>