Senin, 24 September 2018

Datangkan Badak India, Ini Harapan Batu Secret Zoo

Minggu, 17 Juni 2018 21:28:40 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Datangkan Badak India, Ini Harapan Batu Secret Zoo

Malang (beritajatim.com) - Batu Secret Zoo di Jawa Timur Park, Kota Batu menjadi bagian dari konservasi badak India atau Rhinoceros unicornis. Badak India mempunyai kemiripan dengan badak Jawa yang merupakan satwa endemik Indonesia karena bercula satu.

Marketing & PR Manager Jatim Park Group, Titik S Ariyanto berharap konservasi badak India menjadi sarana edukasi bagi masyarakat. Selain itu, kehadiran badak India diharapkan merangsang keinginan untuk menkonservasi badak Jawa karena statusnya diambang kepunahan.

"Badak India ini tidak hanya untuk koleksi di kebun binatang kami, tapi juga untuk sarana edukasi tentang satwa badak, khususnya badak Jawa. Mengapa badak Jawa? Karena badak India memiliki kemiripan fisik yang sama persis dengan badak Jawa yang merupakan satwa endemik Indonesia," kata Titik, Minggu (17/6/2018).

"Badak jawa kini hanya bisa ditemukan di taman margasatwa Ujung Kulon dan hanya bisa dilihat menggunakan kamera pengintai. Perkiraan populasi badak Jawa sekarang kurang lebih 63 ekor. Keberadaan badak India ini akan membantu mendukung konservasi badak Jawa dan untuk meningkatkan kesadaran akan konservasi badak Jawa di indonesia," papar Titik.

Dadan Dani Subrata, Project Koordinator Yayasan Badak Indonesia mengatakan ada kedekatan secara famili Badak India dengan Badak Jawa. Seperti, bentuk penampilan fisik dia berharap konservasi badak India menjadi lecutan untuk melakukan konservasi badak Jawa.

"Badak Jawa diambang kepunahan, karena populasi hanya ada satu di semenanjung Ujung Kulon, dan itu rentan dengan erupsi anak Gunung Krakatau. Dan populasi itu tumbuh lama di satu lokasi jika ada perkawinan sedarah dikhawatirkan keturunanya cacat atau tidak berlangsung lama hidupnya," ujar Dadan

Dadan menyebut pada awal abad ke 20 populasi badak India hanya tinggal 200 ekor akibat perburuan liar sehingga populasinya hampir punah. Namun karena usaha program konservasi badak India di berbagau negara, saat ini jumlah badak India semakin meningkat mencapai kurang lebih 3500 ekor. [luc/suf]

Komentar

?>