Selasa, 20 Nopember 2018

Badak Terbesar di Dunia Ada di Batu Secret Zoo

Minggu, 17 Juni 2018 17:24:27 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Badak Terbesar di Dunia Ada di Batu Secret Zoo

Malang (beritajatim.com) - Batu Secret Zoo di Jawa Timur Park, Kota Batu, menambah satwa koleksi terbarunya yakni, Badak India dengan nama latin Rhinoceros unicornis. Spesies badak terbesar di dunia ini memiliki bobot hampir tiga ton.

Marketing & PR Manager Jatim Park Group, Titik S Ariyanto mengatakan badak ini diberi nama Bertus. Berusia 10 tahun berjenis kelamin jantan dengan memiliki satu cula. Badak ini didatangkan pada 18 Mei 2018.

"Badak India ini baru pertama kali ada di Indonesia hanya di Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park. Ini termasuk spesies badak terbesar di dunia," kata Titik, Minggu, (17/6/2018).

Titik menyebut Batu Secret Zoo mendapat kepercayaan dari EAZA (European Association Zoo & Aquaria) atau assosiasi kebun binatang terbesar di dunia untuk melakukan konservasi. Badak India ini dipromotori oleh EEP (European Endangered Species Programmes).

"Badak india ini melakukan perjalanan panjang selama hampir 48 jam. Dimulai dengan perjalanan darat dari Edinburgh zoo, Scotlandia ke bandara Luxembourgh, Belgia. Kemudian diangkut dengan pesawat khusus cargo dari Luxembourgh ke bandara Juanda, Surabaya Indonesia dan langsung menuju ke Batu Secret Zoo," papar Titik.

Titik mengatakan tidak mudah untuk melakukan konservasi badak India. Jawa timur Park telah melakukan berbagai tahapan diantaranya negosiasi untuk mendapatkan kepercayaan sejak 2015.

"Kemudian kami mulai membangun kandang dan exhibit Badak India menggunakan standard Eropa di lahan seluas kurang lebih 7500 m2. Di luas lahan itu, kami membangun kandang kontrol untuk malam hari seluas 150 m2, kandang pedok seluas 300 m2, dan sisanya merupakan kandang exhibit yang terdapat kolam air dan kolam lumpur," ujar Titik.

Rencananya, pengelola Jawa Timur Park akan menambah beberapa satwa asal India yang ditaruh dalam exhibit Badak. Diantaranya black buck, nilgai, dan rusa tutul.

"Jawa Timur Park sangat senang dan bangga kedatangan Badak India ke lembaga konservasi kami. Harapanya semoga memberi edukasi kepada pengunjung," tandasnya. [luc/suf]

Komentar

?>