Selasa, 23 Oktober 2018

Pengangguan Tradisi Unik di Surabaya jelang Lebaran

Kamis, 14 Juni 2018 21:58:18 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Pengangguan Tradisi Unik di Surabaya jelang Lebaran

Surabaya (beritajatim.com) - "Peng-anggu-an", sebuah tradisi menyambut hari raya Idul fitri  yang hanya ada dan sudah turun temurun dilakukan oleh warga RW 2 kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak Kenjeran kota surabaya dengan fashion show keliling kampung dengan memakai baju lebaran  sehari sebelum lebaran.

Cuaca cerah di Surabaya utamanya di kampung Nelayan sukolilo tidak menjadi waktu yang pas bagi anak - anak yang sedang melakukan fashion show keliling kampung dengan menggunakan baju baru.

Begitu banyak putri cantik dan pangeran tampan yang sedang berseliweran bak peragawan peragawati yang berjalan diatas catwalk memperagakan baju lebaran masing-masing.

"Tradisi peng-anggu-an ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan sampai hari ini masih tetap dilestarikan. Sebuah tradisi kebahagiaan menyambut  datangnya hari kemenangan Idul fitri dengan menggunakan baju baru," ujar Muslimah (65 tahun) salah satu tokoh masyarakat sukolilo,  Kamis  (14/6/2018).

Memang tradisi ini tidak banyak dipublikasi, tapi tiap lebaran tradisi ini selalu digelar di kawasan kampung nelayan Sukolilo.[ted]

Tag : idul fitri

Komentar

?>