Rabu, 14 Nopember 2018

Malam Pantomin, Ekspresi Cinta Nusantara

Minggu, 03 Juni 2018 01:33:14 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Malam Pantomin, Ekspresi Cinta Nusantara

Bojonegoro (beritajatim.com) - Bentuk kecintaan terhadap negeri bisa diekspresikan dalam segala hal. Salah satunya dalam bentuk pertunjukan teater. Sejumlah seniman yang tergabung dalam kelompok Sayap Jendela Arts Laboratory melakukan Malam Pantomim, Sabtu (2/6/2018).

Sebelum melakukan pertunjukan, sejumlah kelompok teater melakukan pawai dengan mengusung berbagai macam keragaman potensi Nusantara. Sebanyak kurang lebih 20 komunitas berjalan mulai dari SMK Siang 1 Bojonegoro ke Gedung PPIK di Jalan Veteran.

Kegiatan pawai dilakukan sembari menunggu waktu buka puasa atau ngabuburit. Divisi Teater Sanggar Sayap Jendela arts Laboratory, Oky Dwi Cahyo mengatakan, Malam Pantomim yang digelar malam ini merupakan kali ketujuh yang dilakukan oleh kelompok seniman pantomim di Bojonegoro.

Mengusung tema Cinta Nusantara diilhami dari ikatan yang sudah terbentuk secara baik antar komunitas yang selama ini sering melakukan kegiatan bersama dalam berkarya. "Kebersamaan dan gotong royong dalam menggelar kegiatan itu merupakan potensi yang besar untuk membangun peradaban," ujarnya.

Salah satu komunitas teater Deaf Mime, dari kelompok pelajar tuna rungu wicara, membawakan sebuah pertunjukan tentang perbedaan suku yang kemudian bisa hidup bersama dan saling gotong royong. "Bercerita tentang pertemuan antar suku yang kemudian bersatu," ujar Yoga usai pementasan.

Sekadar diketahui, pertunjukan Malam Pantomim itu selain diikuti oleh kelompok teater dari Bojonegoro juga dari luar daerah. Mulai dari pelajar tingkat sekolah dasar, hingga mahasiswa. Beberapa komunitas yang dari luar daerah diantaranya dari Jember, Purwokerto, Magetan dan Sendratasik Unesa Surabaya. [lus/but]

Tag : seni

Komentar

?>