Senin, 22 Oktober 2018

Ritual Pembebasan Lele Warnai Waisak di Banyuwangi

Senin, 28 Mei 2018 03:30:24 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Ritual Pembebasan Lele Warnai Waisak di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Umat Budha di Vihara Dhamma Harja Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran melakukan ritual unik jelang hari raya Waisak 2562. Ratusan umat membebaskan sebanyak 2500 ekor lele dan 7 ikan patin ke Waduk Lecari, Dusun Sumberejo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran.

"Kegiatan ini juga bisa diartikan seperti hukum tabur tuai. Tujuannya untuk melepaskan satwa ke habitatnya, agar nanti satwa ini memiliki siklus hidup yang panjang," kata Ketua Yayasan Vihara Dhammaharja Pandita Sugito, Minggu (27/5/2018).

Umat Budha setempat juga menyebutnya sebagai ritual Fangshen. Acara ini, secara implisit memiliki nilai-nilai yang diajarkan oleh agama Budha.

"Bahwa dengan memperpanjang siklus hidup satwa dengan melepaskannya di alam bebas, sejatinya nanti juga akan berimbas kepada orang yang melakukannya," ujarnya.

Selain itu, kata Sugito, ritual Fangshen juga dimaksudkan agar memberi harapan besar bagi umat. Di antaranya, selalu diberikan kesehatan, umur panjang serta terhindar dari malapetaka.

"Harapannya dengan pelepas liaran ikan ini juga akan memberikan rezeki dan kesejahteraan bagi warga sekitar dalam sektor ekonomi, terlebih juga pariwisata," terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Hari Raya Waisak Leo Sugiyanto menjelaskan, Waisak merupakan kemenangan suci umat Budha. Pada umumnya, perayaan ini sering diperingati di Bulan Mei, pada saat purnama sidhi atau terang bulan.

"Ini untuk memperingati tiga peristiwa penting, yaitu lahirnya Pangeran Siddharta, saat mencapai penerangan agung Pangeran Siddharta Buddha dan Parinibbana atau peristiwa wafatnya Buddha Gaotama," jelas Leo.

Tak hanya dihadiri oleh kalangan umat Budha saja, warga dari agama lain juga turut menyaksikan upacara Fangsgen kali ini. Bahkan, di akhir acara seluruh umat Buddha Vihara Dhamma Harja membagikan takjil kepada umat muslim yang berada di lokasi. [rin/but]

Komentar

?>