Minggu, 19 Agustus 2018

3 Film Siswa SMEKDORS Lolos Nominasi Festival Film Surabaya

Kamis, 26 April 2018 17:17:01 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
3 Film Siswa SMEKDORS Lolos Nominasi Festival Film Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Karya Film siswa SMK Dr. Soetomo (SMEKDORS) Surabaya berhasil lolos pada putaran awal Festival Film Siswa (FFS). Film ini dikategorikan sebagai Film Fiksi Pelajar.

SMEKDORS menyetorkan 11 karya film dari siswa kelas 12 dalam ajang FFS dan 3 film berhasil lolos. Ketiga Film tersebut berjudul Duel Viral oleh Aditya Yudha Islamic, The Box oleh Stya Wisnu Pradana dan Monokrom oleh Dimas Khoiril.

Ajang ini menjadi yang kompetisi pertama yang diikuti oleh ketiga siswa kelas 12, Multi media tersebut. Menurut Stya, Film mereka rata rata digarap selama satu bulan. Kendala teknis yang mereka alami adalah masalah lighting dan audio.

"Ya kalau kamera kami dipinjami sekolah, yang susah itu lighting dan audio. Proses kami dari mulai take sampai editing memakan waktu sekitar 1bulan," ungkap Stya.

FFS sendiri merupakan ajang apresiasi Film tahunan, skala nasional dan ini sudah kali ke tujuh. FFS tahun ini diikuti oleh 309 karya film dari kategori Film Fiksi Siswa dan 44 Film diantaranya lolos kurasi babak pertama.

Kurator FFS tahun ini adalah Ngong Sapardi, dan Solikin Amir. Ngong, ketika ditemui di Surabaya, Kamis (26/4) mengatakan bahwa perkembangan Film Indonesia tingkat SMA sederajat ini sudah pada standar yang baik, memang antusiasnya lumayan baik.

"Untuk standar SMA, hasil ini sudah baik dan memenuhi standar, karena memang mereka tidak belajar secara khusus mengenai perfilman, hasil ini sudah baik. Memang harus dibedakan mana tingkat SMA dan Universitas," pungkas Ngong yang juga alumnus IKJ ini. [adg/but]

Tag : film

Komentar

?>