Minggu, 23 September 2018

Populasi Kucing Raas Kian Habis, Butuh Penangkaran

Minggu, 15 April 2018 01:13:54 WIB
Reporter : Temmy P.

Sumenep (beritajatim.com) - Bupati Sumenep, A. Busyro Karim berencana untuk membangun kawasan konservasi kucing 'busok' atau kucing Raas.

"Dari data yang ada, populasi kucing 'busok' di Pulau Raas hanya sekitar 100 ekor. Lainnya sudah banyak yang dibawa keluar Raas. Ini harus dijaga agar jangan sampai kucing 'busok' punah," katanya, Sabtu (14/04/2018).

Pada Sabtu pagi, Pemkab Sumenep menggelar kontes kucing internasional bertajuk 'Indonesia Bred and Raas Catshow'.

Kontes kucing yang merupakan salah satu kalender kegiatan 'Visit Sumenep 2018' tersebut diikuti 107 peserta dari berbagai kota. Kucing yang ikut dalam kontes ini dari berbagai jenis. Mulai anggora, persia, mesir, dan beberapa jenis lain. Termasuk kucing lokal asal Pulau Raas, yang disebut kucing 'busok'.

"Kucing 'busok' ini hanya ada di Pulau Raas. Tidak ada di tempat lain. Karena itu, harus benar-benar dipikirkan agar populasinya tidak terus berkurang," kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Kucing 'busok' mempunya warna bulu yang khas, yakni abu-abu tua polos. Kucing asli Pulau Raas ini dikenal lincah dan garang. Tekstur bulunya pendek, halus, dan mengkilap.

"Kami sudah bicara dengan peneliti kucing 'busok', memang perlu ada tempat khusus atau semacam penangkaran kucing Raas ini agar tidak punah," tandas Busyro.

Sementara Ketua Tim Riset 'Cat Fancy', Yulia susanti menjelaskan, pihaknya selama 6 bulan terakhir secara khusus melakukan riset terhadap kucing Raas.

"Kami lebih 'concern' pada konservasi kucing Raas. Harus dijaga agar kucing ini tidak keluar dari Pulau Raas," ucapnya.

Ia menilai perlu ada kawasan konservasi kucing Raas, untuk menjaga populasinya. Selain itu, harus diupayakan agar kucing Raas tidak keluar dari wilayah asalnya.

"Kalau keluar dari wilayah aslinya, sulit bagi kami untuk mengontrolnya. Selain itu, bisa merusak 'life style' kucing 'busok' kalau hidup di luar wilayah asalnya. Karena itu, perlu semacam 'base camp' untuk menjaga populasi kucing Raas," terangnya. [tem/but]

Tag : satwa

Komentar

?>