Rabu, 25 April 2018

Bukit Brukoh Berpotensi Jadi Wisata Mempuni di Pamekasan

Kamis, 12 April 2018 23:48:17 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Bukit Brukoh Berpotensi Jadi Wisata Mempuni di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) - Keberadaan Bukit Brukoh di Desa Bajang, Kecamatan Pakong, mendapat apresiasi dari KPW 4 Program Inovasi Desa (PID) Privinsi Jawa Timur seputar proses pengelolaan destinasi wisata yang digarap oleh masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan oleh salah satu perwakilan KPW 4 PID Jatim Bachrun Hadi usai berkunjung ke lokasi wisata Bukit Brukoh, terlebih destinasi wisata tersebut merupakan wisata baru di daerah berslogan Bumi Gerbang salam.

"Biasanya kepala desa itu membangun infrastruktur dalam waktu jangka pendek, tapi di sini (Desa Bajang) kepala desa justru melakukan pembangunan jangka panjang dengan menggarap destinasi wisata baru. Hal ini merupakan langkah luar biasa dan patut diapresiasi," kata Bachrun Hadi, Kamis (12/4/2018).

Selain itu pihaknya juga mengapresiasi secara khusus gagasan kepala desa yang menerapkan pembangunan jangka panjang dan tidak hanya ta fokus saat meminpin yang notabene hanya sekitar 5 hingga 6 tahun. "Untuk saat ini memang terbilang jarang kepala desa yang memiliki pola pikir seperti Pak Klebun (kepala desa) disini, masih sedikit di Jawa Timur," ungkapnya.

"Mungkin kedepan hal ini bisa dijadikan sebagai percontohan, sebab hal ini tidak hanya berbicara soal destinasi wisata tapi justru dampak yang dirasakan masyarakat. Terlebih dalam pengelolaan destinasi wisata ini juga melibatkan masyarakat," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau sekaligus meminta kepala desa maupun pengelola Bukit Brukoh agar komitmen untuk terus mengelola dengan baik. "Saran kami bagi kepala desa maupun pengelola harus selalu konsusten, sebab kalau sudah konsisten Insya'Allah berhasil," tegasnya.

"Harapan kami semoga kedepan bisa terus berkembang dan menjadi destinasi wisata mempuni di Pamekasan, pasca ini mungkin bisa kita komunikasikan dengan instansi terkait untuk melanjutkan pengelolaan wisata ini. Sebab hal ini merupakan potensi yang harus dikembangkan," harapnya. [pin/suf]

Komentar

?>