Rabu, 18 Juli 2018

Sanggar Lidi Pentaskan Naskah Tentang Fenomena Aktivis

Kamis, 12 April 2018 00:06:19 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Sanggar Lidi Pentaskan Naskah Tentang Fenomena Aktivis

Surabaya (beritajatim.com) – Malam ini pukul 19.30 Gedung kesenian Cak Durasim yang teletak di Kompleks Taman Budaya Jawa Timur diguncang oleh pementasan dari sanggar Lidi Surabaya.

Komunitas yang bermarkas di Perumahan YKP RL 5 Blok H No 15 ini menyuguhkan pentas teater berjudul ‘Activizm’ yang merujuk pada fenomena para aktivis saat ini.

Toteng M.T Rusmawan, sang sutradara mengungkapkan, pementasan ini merupakan wujud dari kegelisahannya atas aktivis generasi muda yang ia nilai semangatnya sudah berbeda dan menurun.

"Naskah tersebut saya buat atas kerisauan dengan perkembangan situasi pergerakan para aktivis saat ini. Banyak aktivis yang sudah tidak punya hati nurani karena telah ditunggangi kepentingan kelompok-kelompok tertentu," ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (11/4/2018) di Gedung Kesenian Cak Durasim.

Sutradara yang pernah bergabung dalam Bengkel Teater milik Rendra ini juga mengungkapkan bahwa cerita dalam naskah ini bermula dari kegelisahan pasangan suami istri bernama Sugi dan Mily yang nasibnya semakin sengsara setelah mencoba mempertahankan idealismenya sebagai seorang aktivis.

"Kita acapkali lupa apa yang sebenarnya menjadi tanggung jawab, alih-alih ingin menyelamatkan kondisi bangsa dan negara, malah justru semakin memperkeruh keadaan dengan konstruksi logika yang tidak sehat," jelasnya.

Toteng mengaku telah berproses cukup lama untuk mematangkan naskah pementasan. "Saya sudah proses sejak 2014. Dalam naskah ini terdapat 11 fragmen yang menampilkan adegan para aktivis dengan dilemanya masing-masing," tambahnya.

Antusiasme publik Surabaya terlihat sangat terjaga. Meskipun terdapat tiket presale dan on the spot yang dibandrol harga  Rp50.000, namun satu hari sebelum pementasan semua tiket telah terjual habis. [adg/suf]

Tag : teater

Komentar

?>