Selasa, 24 April 2018

Mengintip Dapur Zabo Cafe

Nikmatnya Ayam Geprek Eropa, Ayam Sembunyi, Hingga Mie Terbang

Minggu, 25 Maret 2018 10:08:01 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Nikmatnya Ayam Geprek Eropa, Ayam Sembunyi, Hingga Mie Terbang
Chief Djoko saat mempresentasikan menu andalannya di Zabo Cafe

Jombang (beritajatim.com) - Pecinta kuliner di Jombang akan dimanjakan sejumlah menu baru. Mulai dari ayam geprek eropa, ayam sembunyi atau chiken hiden hingga mie terbang. Hal itu menyusul soft opening Zabo Cafe & Resto Jl Urip Sumoharjo Jombang, Sabtu (24/3/2018).

Selain tiga menu tadi, Zabo Cafe masih memiliki puluhan menu lain dan siap memanjakan lidah pengunjung. "Kita ada sekitar 50 menu. Belum lagi ditambah dengan menu pada momen tertentu. Semisal saat Ramadan, kita akan sajikam menu khusus buka puasa," ujar Chief Djoko Santoso sembari memamerkan sejumlah menu.

Djoko mengatakan, namun dari puluhan menu ada yang cukup menggelitik bagi pengunjung. Semisal ayam geprek eropa. Menu tersebut merupakan perpaduan kuliner Jawa danm Eropa. Bahan bakunya adalah daging ayam. Namun bumbunya bukan sambal seperti ayam geprek kebanyakan.

Oleh Chief Djoko, menu tersebut dikreasi sedemikian rupa. Untuk mengganti sambal, dia menggunakan keju meleleh dengan toping saus tomat. Sementara daging ayam yang digunakan bukan dikepruk, tapi disayat tipis.

"Harganya masih terjangkau katung. Untuk bisa menikmati menu tersebut, hanya Rp 20 sampai 25 ribu per porsi. Ada juga ayam goreng kemangi Thailand. Namun sekali lagi, tetap kita sesuaikan dengan lidah orang Jawa," ujar Djoko.

Bagaimana dengan ayam sembunyi atau Chiken Hiden? Djoko menjelaskan, ayam sembunyi atau bisa disebut ayam surprise. Ketika disuguhkan menu tersebut, kata Djoko, pembeli akan kaget. Karena yang tampa hanya nasi putih. Tanpa lauk, tanpa sayur.

Nasi tersebut dibentuk model bulat sedemikian rupa. Nah, baru setelah disantap akan kelihatan daging ayam berbumbu rempah. "Daging ayam kita tutup dengan nasi. Sehingga tidak kelihatan. Sekilas yang nampak hanya nasi putih," ujarnya sembari memperlihatkan contoh menu tersebut.

Sedangkan mie terbang, Djoko menjelaskan, sebenarnya menu tersebut tidak jauh berbeda dengan mie goreng pada umumnya. Hanya soal penyajian yang membuat pengunjung geleng-geleng kepala. Mie yang sudah matang di taruh di piring.

Kemudian di atasnya terdapat garpu yang dibelit mie. Letak garpu sekitar 4 sentimeter dari piring. Sehingga garpu berbalut mie tersebut seolah mengawang. Padahal, oleh Djoko, garpu tersebut diganjal menggunukan sejenis batang lidi. "Ini namanya mie terbang," kata Djoko.

Pemilik Zabo Cafe & Resto, Burhani Maulana Suprayogi mengatakan, kafe tersebut merupakan pendatang baru di Jombang. Namun pihaknya yakin bisa bersaing. Karena, selain menu yang beraneka macam, Zabo Cafe juga menawarkan lokasi yang representatif bagi komunitas.

Kafe yang berada di pertigaan Jl Urip Sumoharjo tersebut berlantai tiga. Lantai pertama atau satu berkonsep keluarga. Menurut Yogi, panggilan akrab Burhani Maulana Suprayogi, ruangan tersebut untuk pengunjung keluarga.

Kemudian ruangan lantai dua didesain lebih terbuka dan cukup luas. Ruangan ini lebih santai. Ornamen didominasi kayu dan bata merah. Sudah begitu juga terdapat panggung untuk pentas musik. "Untuk komunitas apa saja di Jombang bisa menyewa tempat ini," ujar Yogi.

Terakhir ruangan lantai tiga. Ruangan tersebut dikonsep untuk pertemuan. Makanya ruangannya didesain secara tertutup. "Kalau di lantai tiga, untuk pertemuan formal. Semacam ruang seminar," ujarnya menambahkan.

Soft launching Zabo Cafe itu sendiri berlangsung cukup meriah. Para undangan diminta memberi masukan serta mencicipi menu yang sudah disiapkan. Acara semakin gayeng dengan kehadiran Sharla Matiza. Sharla hadir mengenakan baju motif kotak-kotak yang dipadu kerudung warna merah.

Dalam kesempatan itu, juara Voice Kids Indonesia ini menyanyikan sejumlah lagu. Suara emas Sharla mengundang decak kagum para hadirin. "Kafe ini buka secara resmi pada 7 April 2018. Untuk saat ini masih soft opening sembari menampung masukan dari pengunjung," pungkas Yogi. [suf]

Tag : kuliner

Komentar

?>