Sabtu, 15 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Ketimbang Jadi Karyawan

Generasi Milenial Lebih Tertarik Pekerjaan Freelance

Sabtu, 10 Maret 2018 17:28:34 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Generasi Milenial Lebih Tertarik Pekerjaan Freelance

Surabaya (beritajatim.com)- Dunia kerja bagi generasi milenial telah berubah seiring perkembangan zaman. Berdasarkan APAC Workforce Insight Survey, pencari kerja generasi Z cenderung mencari pekerjaan yang sementara atau freelance ketimbang posisi karyawan permanen.

Bahkan hampir dua pertiga responden Gen Z setuju bahwa pencari kerja berbasis kontrak lebih tinggi 20 persen dari kelompok umur yang lainnya.

Fleksibilitas alasan paling kuat bagi para pekerja untuk bergabung dalam ekonomi pertunjukan, dengan jam kerja yang fleksibel merupakan alasan utama bagi 60 persen responden.

"Bidang ekonomi menjadi semakin menarik bagi pekerja gen Z, karena memberi mereka kontrol yang meningkat atas karier mereka. Akses terhadap stimulasi kerja dan kemampuan untuk mengembangkan jaringan mereka," ungkap Bernadette Themas, Managing Director Kelly Services Indonesia dan Persol Indonesia, Sabtu (10/3/2018) di hotel Ibis Jemursari, Surabaya.

Lebih lanjut berdasarkan survei, saat ini negara Hongkong paling banyak menganut tren freelance dengan 55% pekerja yang setuju bahwa ada preferensi untuk pekerjaan yang lebih fleksibel. Sedangkan negara kedua adalah Vietnam dengan angka 50%, Thailand dengan angka 48% dan Singapore berada di angka 47 %.

Angka ini masih ada kemungkinan proporsi lebih besar untuk tenaga kerja yang akan mencari kesempatan kerja yang lebih fleksibel pada waktunya karena Gen Z memasuki peran yang lebih senior dan mampu menegaskan lebih banyak kendali atas kapan, dimana dan bagaimana mereka bekerja. [way/suf]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>