Kamis, 20 September 2018

Keren, Lahan Pasca Tambang Semen Gresik Jadi Wisata Menarik

Jum'at, 23 Februari 2018 06:26:27 WIB
Reporter : M Muthohar
Keren, Lahan Pasca Tambang Semen Gresik Jadi Wisata Menarik

Tuban (beritajatim.com) - Berbagai program dan inovasi telah dilakukan oleh perusahaan semen PT Semen Gresik sebagai pemanfaatan lahan pasca tambang yang telah digunakan untuk kebutuhan bahan baku semen yang ada di pabrik Tuban.

Untuk menjadikan lahan pasca tambang menjadi menarik, PT Semen Gresik berhasil menyulap area bekas tambang batu kapur itu menjadi tempat wisata yang diberi nama Bukit Daun. Lokasinya yang berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Keberadaan taman Bukit Daun telah diresmikan oleh Deputi Bidang Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Direktur Utama Semen Indonesia. Keberadaan wisata di area reklamasi itu tak kalah menariknya dengan tempat wisata yang ada di Tuban.

"Taman Bukit Daun ini menempati lahan seluas seribu meter persegi. Ini sudah mulai dibangun sejak akhir Desember 2016," terang Agung Wiharto, Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia.

Keberadaan taman Bukit Daun yang ada di kawasan perbukitan kapur itu bisa menjadi salah tujuan untuk tempat berlibur di wilayah Kabupaten Tuban. Pengelolaan yang serius dari perusahaan semen membuat taman tersebut sangat rindang dan hijau.

"Taman ini selain rindang juga memiliki sepuluhan tanaman langka yang sudah jarang ditemui. Seperti, kawista, damar, Gaharu, ulin, duwet, kurma dan tanaman sejenis obat yang khusus kita tanam di lahan tersebut," tambahnya.

Sebagai tempat wisata, kawasan Bukit Daun dibuka untuk masyarakat umum dan telah dilengkapi beberapa fasilitas seperti toilet serta tempat parkir. Wisata itu dibuka pukul 15.00-17.00 WIB pada Senin sampai Jumat. Sementara pada Sabtu dan Minggu dibuka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

"Semen Indonesia dalam melakukan penambangan selalu mengedepankan praktik yang ramah lingkungan. Lahan pasca tambang batu kapur ini adalah sebagai salah satu contoh, bisa dijadikan sebagai sarana wisata dan juga hutan hijau," papar Agung.

Selain menjadikan tempat wisata Bukit Daun menarik untuk tempat berfoto dan bersantai, Semen Gresik sebelumnya juga telah membuat embung untuk budidaya keramba ikan. Bahkan embung tersebut juga bisa untuk pengairan lahan pertanian. Embung tersebut berada di lahan bekas tambang tanah liat yang berada di wilayah Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. [mut/suf]

Tag : wisata

Komentar

?>