Sabtu, 26 Mei 2018

Puding Bunga Lele

Paduan Puding dengan Ikan Lele Kreasi Warga Puri

Jum'at, 02 Februari 2018 07:57:23 WIB
Reporter : Misti P.
Paduan Puding dengan Ikan Lele Kreasi Warga Puri

Mojokerto (beritajatim.com) - Warga Dusun Sukorejo, Desa Tampungrejo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto memadukan puding dengan ikan lele. Ini dilakukan Siti Muawanah karena anaknya yang suka makan lele namun bosan dengan olahan itu-itu saja.

Sehingga dirinya memadukan puding yang juga kebetulan kesukaan anaknya dengan ikan lele. Terciptalah puding bunga lele sejak 2014. Ikan berkumis tersebut dibuat abon yang kemudian dicampur dengan puding yang dibentuk dalam 3D.

Olahan ikan lele tersebut cukup mudah ditemukan karena merupakan produk unggulan desanya. Ya, Desa Tampungrejo mempunyai program pencanangan makan ikan sehingga kreasi ikan lele dengan mudah didapatnya.

Untuk membuat puding ikan lele, sama dengan membuat puding pada umumnya. Serbuk agar-agar dimasak dengan air secukupnya hingga panas. Kemudian, dimasukkan ke dalam cetakan sampai memenuhi separuh kapasitas wadah tersebut.

Agar-agar yang mendidih disisihkan menjadi beberapa bagian kemudian diberi pewarna makanan. Ibu tiga anak ini lantas menghias bagian dalam puding menjadi bentuk bunga tiga dimensi. Ide tersebut muncul setelah ia berselancar di dunia maya untuk menambah varian dan hiasan agar mempunyai daya tarik.

"Bunganya dicetak menggunakan suntikan berjarum khusus, namanya tool jelly art. Fungsinya membentuk daun-daun dan hiasan bunga dalam cetakan tadi. Setelah selesai, baru kemudian lele yang sudah berbentuk abon ditaburkan ke dalam puding," ungkapnya, Kamis (2/2/2/2018).

Masih kata perempuan yang akrab dipanggil Ana ini, puding bunga lele kreasinya tersebut menjadi makanan favorit tak hanya anaknya tapi juga anak-anak di Desa Tampungrejo. Bahkan, berhasil mengurangi anak jajan sembarangan yang bisa menganggu gizi mereka.

"Awalnya sih khusus untuk anak saja, tapi sekarang semakin digemari. Bahkan sudah mendapat pesanan saat ada hajatan dan menu pesta. Karena anak saya memang suka sekali dengan lele, tapi gampang bosan dengan menu yang itu-itu saja," jelasnya. [tin/suf]

Tag : kuliner

Komentar

?>