Sabtu, 22 September 2018

Meimura, Iwan Fals, dan Masa Depan Ludruk

Rabu, 10 Januari 2018 07:23:01 WIB
Reporter : Almira Ose
Meimura, Iwan Fals, dan Masa Depan Ludruk
Meimura dan musisi Iwan Fals. [Foto: Almira/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)--Kesenian ludruk kini tidak hanya dimainkan orang-orang dewasa. Anak-anak yang duduk di bangku Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, hingga Sekolah Menengah Pertama pun menggandrungi kesenian tradisional Jawa Timur ini.

Dua tahun sudah, Meimura melatih anak-anak agar lihai berperan sebagai aktor di panggung sandiwara ludruk. Meimura, sutradara kelompok Ludruk Irama Budaya, selalu meluangkan waktu untuk mengajar cerita yang akan dibawakan anak-anak di atas panggung.

Pada Agustus 2017 lalu, pria asli Kota Surabaya itu berhasil membawa anak asuhannya untuk tampil di Balai Budaya Surabaya dengan judul cerita Ludruk Kebangsaan.

“Dalam pertunjukan itu, anak-anak tampil cukup baik dan penontonnya senang,” tutur Meimura.

Pria berusia 55 tahun itu mengaku melakukan pengajaran kesenian ludruk kepada anak-anak agar warisan budaya ludruk tetap lestari. “Kegiatan pengajaran ini juga mendukung salah satu tujuan kelompok Irama Budaya untuk melakukan regenerasi,” jelasnya.

Dalam melakukan pengajaran, Meimura melakukannya dengan sabar dan menggunakan teknik bermain. “Namanya juga anak-anak, ya seperti bermain saja mengajarnya,” ujarnya.

Ia menceritakan, beberapa waktu lalu, teater milik kelompok Ludruk Irama Budaya itu kedatangan musisi besar Indonesia, Iwan Fals. Saat kedatangan Iwan Fals, Meimura beserta anak didiknya sedang berlatih cerita Kerajaan Burung-Burung yang akan ditampilkan Januari 2018 ini.

Secara spontan, bapak tiga anak itu mengarahkan anak didiknya untuk berlatih sambil bermain bersama Iwan Fals.

Di samping itu, Meimura menceritakan bahwa salah satu anak didiknya berhasil meraih juara dalam perlombaan ludruk nasional yang diselenggarakan di Yogyakarta tahun lalu.

Ke depannya, ia berharap agar anak-anak yang ia didik dapat terus melestarikan kesenian ludruk yang mulai sepi peminat ini. [air/mir]

Tag : ludruk

Komentar

?>