Sabtu, 21 April 2018

Poliwangi Kembangkan Ilmu Pariwisata ke Negeri Formosa

Senin, 18 Desember 2017 12:23:56 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Poliwangi Kembangkan Ilmu Pariwisata ke Negeri Formosa

Banyuwangi (beritajatim.com) - Niatan baik dari Cheng Shiu University, Taiwan mendapat sambutan positif dari Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi). Rencananya, salah satu universitas ternama di negeri Formosa itu bakal menjalin kerjasama di bidang ilmu pariwisata.

Bahkan, langkah baik tersebut ditandai langsung dengan adanya penandatangan kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak.

"Tujuan utamanya, kami ingin memperluas expansi di Indonesia hingga ke Banyuwangi. Dipilihnya Banyuwangi karena daerah ini kami nilai memiliki potensi besar di bidang Pariwisata. Sehingga kami memberikan kesempatan kepada Politeknik Negeri Banyuwamgi agar mahasiswa di Poliwangi bisa mengembangkan pariwisata dan belajar bahasa Mandarin," jelas Professor Tai Wan Ping selaku director of Foreign Affairs Section Office of Internasional Affairs Cheng Shiu University Taiwan, Senin (18/12/2017)

Program kerja sama ini, kata Tai Wan Ping, merupakan pengembangan akademik yang dilakukan sehubungan dengan adanya politik pemerintah Taiwan dengan mewajibkan harus terus berhubungan kerja sama yang baik dengan negara negara se-Asean utamanya di Indonesia. Sebelumnya Universitas Cheng Shiu telah melakukan kerja sama dengan kota besar di Indonesia yang diawali dari Jakarta.

"Sejak 2013 lalu, kami telah melakukan kerjasama serupa. Kemudian mengetahui Banyuwangi maka pihak dari Universitas Cheng Shiu tertarik untuk mengajak kerjasama," ujarnya.

Terlebih, lanjut Tai Wan, dukungan lainnya karena jumlah warga Indonesia cukup mendominasi di Taiwan. Bahkan, jumlah mereka menempati posisi kedua.

"Orang Indonesia, dan orang Taiwan itu mayoritas hobinya berwisata dan mereka percaya bahwa wisata di Indonesia sangat indah. Tapi sejauh ini yang diketahui pariwisata di Indonesia hanya Bali saja. Maka dalam kesempatan ini kami ingin menambah ekspansi kerjasama untuk pertukaran dosen, mahasiswa untuk saling belajar," terangnya.

Bagi Poliwangi, kerjasama di bidang pariwisata ini menjadi kali kedua untuk program internasional. Sebelumnya, Poliwangi juga telah melakukan MoU dengan negeri Jiran, Malaysia.

"Kami berharap, Poliwangi harus sudah memulai program Internasionalisasi yang nantinya akan mendorong dari banyak negara. Dan kepada Universitas Cheng  Shiu ini salah satu Universitas terbesar di Taiwan dan merupakan suatu kehormatan sendiri bisa bekerja sama dengan Univeritas di Negara maju seperti Taiwan," ungkap Direktur Poliwangi Dr. Eng. Son Kuswadi. (rin/kun)

Komentar

?>