Senin, 18 Desember 2017

Seniman Banyuwangi Gelar Konser Amal untuk Kusniah

Selasa, 05 Desember 2017 08:14:19 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Seniman Banyuwangi Gelar Konser Amal untuk Kusniah

Banyuwangi (beritajatim.com) - Sejumlah seniman Banyuwangi bakal menggelar aksi amal untuk mendiang Kusniah sang legenda gandrung. Aksi itu dibuat sebagai langkah solidaritas para seniman akan kehidupan Kusniah yang dinilai cukup memprihatinkan.

"Sebelum meninggal, kami memang berencana membuat konser amal untuk Mak Kusniah. Acaranya besok 10 Desember 2017," kata Syamsul seniman asal Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Selasa (5/12/2017).

Meski Kusniah telah tiada, kata Syamsul, aksi seni yang telah direncanakan itu dipastikan akan tetap berlangsung. Kegiatan itu akan menampilkan aksi seni dan budaya daerah Banyuwangi.

"Ada yang nyanyi gandrung, tari dan kolaborasi musik. Rencananya kemarin itu mengundang langsung Mak Kusniah, tapi sekarang sudah beliau sudah tiada, tapj acara akan tetap kita laksanakan," ungkapnya.

Bahkan, lanjut Syamsul, sejumlah seniman dari daerah lain juga telah memastikan hadir dalam acara bertajuk konser amal itu. Nantinya, seluruh hasil dari aksi itu akan diserahkan kepada keluarga pelantun 'Ojo lirak-lirik' itu.

"Teman-teman dari Malang juga sudah konfirmasi mau datang di acara kita. Karena kita peduli pada Mak Kusniah, jadi seluruh hasilnya nanti akan kita serahkan ke keluarga. Apalagi kita tahu beliau punya anak angkat yang memiliki keterbelakangan mental," terangnya.

Selain solidaritas, sebenarnya aksi itu memiliki tujuan pasti. Salah satunya untuk membantu pembangunan rumah untuk sang legenda.

"Rencananya kan memang mau pindah dari situ (rumahnya dulu), terus kita punya pemikiran karena memang kondisinya tidak ada jadi kita berinisiatif untuk menggelar acara ini untuk membantu," ucapnya.

Sebelumnya, Kusniah legenda gandrung meninggal dunia setelah serangan sesak nafas dan pembengkakan jantung yang menderanya. Wanita kelahiran 1951 itu menghembuskan nafas terakhir saat menjalani perawatan di RS PKU Muhamadiyah, Rogojampi. [rin/suf]

Tag : gandrung

Komentar

?>