Senin, 18 Desember 2017

Indahnya Wisata Banyuwangi Bikin Silver Discoverer Ketagihan

Jum'at, 24 Nopember 2017 18:31:41 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Indahnya Wisata Banyuwangi Bikin Silver Discoverer Ketagihan

Banyuwangi (beritajatim.com) - Kapal pesiar bernama MV. Silver Discoverer merapat mulus di dermaga Umum ISPS Code PT Pelindo III Cabang Tanjung Wangi, Ketapang, Banyuwangi. Kedatangan kapal cruise berbendera Bahamas ini adalah yang kedua kalinya setelah Oktober 2016 lalu.

Setidaknya, terdapat 182 wisatawan termasuk crew kapal yang ikut pada tour ke Bumi Blambangan ini. Mereka, mengaku kepincut dengan indahnya alam Banyuwangi, sehingga balik untuk kedua kalinya.

"Saya sangat bahagia dengan keramahan dari pihak dermaga Tanjung wangi atas sambutan yang cukup baik kepada para penumpang. Dan sangat senang mengenakan udeng dan selendang. Kami tidak menyangka mendapat sambutan selamata datang seperti ini. Apalagi, ada pertunjukan tarian gandrung sangat menarik dan membuat kamu rilek," ungkap Kapten Kapal Kulas Tomasz Piotr, Jum'at (24/11/2017).

Bahkan, dirinya mengaku tak canggung akan kembali lagi pada rute wisata di tahun berikutnya.

"Saya berharap tahun 2018 bisa kembali lagi dengan banyak cruise datang ke kota ini. Dan selamat dan sukses kepada Tanjung Wangi," ucapnya.

Kapal yang memiliki panjang 102.96 meter ini, sebelumnya telah melakukan perjalanan dari Pulau Komodo, Benoa Bali kemudian lanjut ke Banyuwangi. Setelah ini, rencananya MV. Silver Discover akan melakukan perjalanan ke Sulawesi dan berakhir di Singapura.

"Selama di Banyuwangi para penumpang kapal pesiar akan dibagi menjadi 2 grup, satu grup akan mengunjungi Kawah Ijen, sedangkan grup lainnya akan melakukan tour ke Perkebunan Kaliklatak dengan menggunakan fasilitas  tropper maupun taxi yang telah disediakan," terang General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Wangi, Lina Ratnasari.

Banyuwangi, kata Lina, memiliki potensi peningkatan jumlah kunjungan kapal pesiar. Untuk itu perlu dilakukan promosi wisata Banyuwangi pada saat diselenggarakannya even-even kapal cruise internasional.

"Dengan adanya jalinan komunikasi dan kerjasama antara pihak Agen kapal, Kementrian Pariwisata melalui dinas pariwisata Banyuwangi dan Pelindo III bisa menarik kunjungan kapal cruise ke Banyuwangi. Dan Kami optimistis jumlah kunjungan kapal pesiar meningkat. Apalagi Banyuwangi memiliki Destinasi Wisata menarik untuk dikunjungi,” Ungkapnya

Terlebih, lanjut Lina, Pelindo telah siap dengan segala fasilitas yang ada untuk menyambut kedatangan kapal jenis ini.

“Saat ini Pelabuhan Tanjung Wangi menerapkan standar keamanan ISPS Code dengan panjang dermaga 120 meter dari total panjang Dermaga Umum yang ada yakni 543 meter. Kedalaman kolam mencapai – 12 s.d -14 Lws sehingga sangat siap untuk menerima kunjungan kapal berbendera asing dengan ukuran mencapai 200 meter atau lebih.” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Pelindo III di Cabang Tanjung Wangi menggandeng Dinas pariwisata Banyuwangi dalam melaksanakan penyambutan kedatangan kapal MV Silver Discoverer. Tarian gandrung dan souvenir lokal khas Banyuwangi tak lupa dipamerkan untuk menyambut para penumpang yang turun dari kapal pesiar.

“Selain itu, kami juga mengapresiasi dukungan dari semua pihak, termasuk rekan rekan dari Bank BNI dan bank Jatim sehingga penyambutan kapal cruise ini dapat terselenggara dengan menarik.” pungkasnya. [rin/but]

Komentar

?>