Senin, 18 Desember 2017

Band Asal Mojokerto Juara Festival Suara Anti Korupsi

Selasa, 21 Nopember 2017 10:01:47 WIB
Reporter : Misti P.
Band Asal Mojokerto Juara Festival Suara Anti Korupsi

Mojokerto (beritajatim.com) - Untuk Indonesia Ku (Uniku), band asal Mojokerto sukses menyabet juara Festival Suara Anti Korupsi yang digagas Komisi Pemberatasan Korupasi (KPK). Tak tanggung-tanggung, dua penghargaan diraih, yakni grup band terfavorit dan grup band terbaik.

Personil Uniku hanya dua orang, Widya Bagus Budhi Septiawan dan Angger Sapto Cahyo yang merupakan pemuda warga Mojokerto. Awalnya, mereka mengikuti seleksi regional Surabaya bersama puluhan band asal Jatim dan Jateng hingga menyabet 5 besar.

Dari 5 besar itu, Uniku terpilih kembali sebagai juara pertama dan berhak mewakili satu dari 5 regional untuk bertarung di Jakarta. Hingga akhirnya, keduanya mengikuti festival kali pertama di kantor KPK, Jakarta pada Jumat (3/11/2017).

Sejumlah pihak, termasuk salah satu pimpinan KPK, Saut Sitomorang hadir dalam acara Festival Suara Anti Korupsi 2017 tersebut. Mereka sama sekali tak menyangka jika penampilannya di Plaza Festival Jakarta malam itu cukup menyita perhatian tiga juri, Saut Situmorang, Oppie Andaresta, dan Sandy Canester.

Mereka tak menyangka bisa menyabet dua penghargaan sekaligus, padahal empat bulan sebelummya mereka harus berjibaku dan kompromi atas kesibukan masing-masing. Baik sebagai pemusik maupun pekerja karir.

"Karena rasa mencintai tanah air dan ingin berbakti saja. Kebetulan ada festival yang digagas KPK dan kita sambut baik. Banyak aspek yang diperjuangan, waktu, tenaga dan tabungan pun diperjuangkan. Tapi, tidak dipertaruhkan. Total kira-kira kita sudah habis Rp 30 juta-an untuk menggarap lagu ini," ungkap Manager Uniku, Landy.

Lagu berjudul "Semangat Pancasila", yang mereka ciptakan dan aransemen sejak Agustus 2016 bertepatan dengan perayaan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI cukup memukau dewan juri. Sesuai dengan nama band yang dibentuk dan terinspirasi dari semangat kebangsaan.

"Landasan berdirinya bangsa Indonesia ini, ya dari lima sila yang tersusun dalam Pancasila. Korupsi di Indonesia tidak akan terjadi bilamana rakyat paham benar akan isi dan nilai yang terkandung dalam Pancasila. Spirit kita adalah mengajak masyarakat untuk ikut memberantas korupsi dengan berbagai cara," ujarnya.

Sukses dengan dua gelar juara, perjalanan Uniku tidak akan berhenti begitu saja. Dalam waktu dekat, mereka akan kembali berkarya dengan tema semangat kepahlawanan ala pemuda Mojokerto. Rencananya, lagu tersebut akan dipersembahkan kepada Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa.

"Ini menjadi bukti dedikasi Uniku ikut dalam memajukan Mojokerto sebagai kota berbudaya. Namun, untuk sementara masih kita sembunyikan dulu aransemen dan judul lagunya. Tapi yang jelas jika Pak Bupati berkenan, akan kami serahkan kepada beliau," jelasnya. [tin/suf]

Tag : musik

Komentar

?>