Rabu, 22 Nopember 2017

Festival Bengawan Solo II Digelar Lagi

Rabu, 15 Nopember 2017 14:45:40 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Festival Bengawan Solo II Digelar Lagi

Gresik (beritajatim.com) - Festival Bengawan Solo II digelar lagi. Bedanya, dalam festival tersebut juga disosialisasikan risiko dampak bahaya banjir bagi masyarakat di sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo yang dikemas dalam bentuk sekolah sungai.
 
Dalam festival dan sosialisasi itu, Pemkab Gresik menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Gresik. Selain sosialisasi, pemkab juga ingin meningkatkan destinasi wisata di khususnya wisata non religi.

"Melalui festival ini, kami ingin membangun jejaring sekolah sungai antar komunitas masyarakat yang hidup di sekitar bantaran sungai Bengawan Solo. Mereka berasal dari lima kecamatan yaitu dari Kecamatan Ujungpangkah, Sidayu, Bungah, Manyar, Dukun," ujar Wabup Gresik M.Qosim, Rabu (15/11/2017).

Saat ditanya tujuan sekolah sungai. Dijelaskan M.Qosim, melalui sekolah ini masyarakat akan dimotivasi dan diajak ikut serta memanfaatkan bantaran sungai sampai ke muara untuk budidaya mangrove. Pasalnya, budidaya mangrove di Gresik sudah berhasil.

"Hasilnya sudah mulai tampak karena banyak masyarakat yang berkunjung, sehingga memberi nilai kesejahteraan masyarakat sekitar. Selain itu, menjaga lingkungan tetap lestari, menjaga abrasi laut dan perkembangan ikan semakin baik, sehingga tangkapan nelayan sekitar semakin banyak," ujarnya.

Sementara, Kepala BPBD Gresik Abu Hasan mengatakan, ada bantuan lima perahu dari BNPB yang diperuntukkan untuk kegiatan Festival Bengawan Solo II. Bantuan itu, bisa dimanfaatkan untuk budidaya mangrove, dan untuk pariwisata sungai.

"Kami berharap bantuan lima perahi ini bisa dimanfaatkan, dan dijaga jangan sampai rusak," tandasnya. [dny/but]

Komentar

?>