Rabu, 22 Nopember 2017

Banyuwangi Jadi Kota Festival Terbaik di Indonesia

Minggu, 12 Nopember 2017 22:12:15 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Banyuwangi Jadi Kota Festival Terbaik di Indonesia

Banyuwangi (beritajatim.com) - Selain menyumbangkan acara terbanyak di kalender of event nasional, Banyuwangi juga ditetapkan sebagai kota festival terbaik di Indonesia. Hal ini semakin menasbihkan kabupaten berjuluk the sunrise of java ini makin diperhitungkan di kancah nasional.

"Ini prestasi Banyuwangi, karena ditetapkan sebagai kota festival terbaik di Indonesia. Dalam setahun ada 72 event digelar. Ini Jauh lebih besar dari 52 minggu, artinya ada 1,5 kali perminggu festival digelar di sini," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya (12/11/2017).

Atas capaian ini, kata Arief, Banyuwangi kedepan harus memberi dampak yang segnifikan. Menurutnya semakin banyak event digelar, nilai keenomiannya akan semakin tinggi.

"Terbukti, pendapatan perkapita di sini meningkat dari Rp 14 juta menjadi Rp 41 juta," unngkap Arief berdasarkan laporan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Kondisi ini, lanjut Arief, membuktikan pelestarian budaya yang masif dilakukan akan memberi dampak ekonomi yang cukup tinggi dan mensejahterakan. Buktinya, di Banyuwangi telah menunjukkan hal nyata dirasakan bagi warganya.

"Tapi tidak hanya itu, bukan hanya pendapatan perkapitanya yang tinggi, tapi saya berani taruhan indeks kebahagian orang Banyuwangi juga akan tinggi," ujarnya.

Saat ini, tinggal bagaimana Banyuwangi mampu mempertahankannya atau justru lebih mengembangkannya. Kedepan, tak sekedar menjadi event tahunan atau pagelaran biasa, tapi efek lain juga menjadi perhatian. Meningkatnya pendapatan perkapita dan indeks kebahagiaan warganya juga perlu ditingkatkan. [rin/suf]

Komentar

?>