Rabu, 22 Nopember 2017

Nikah Massal, Belasan Pengantin Usia Senja Dikirab

Minggu, 12 Nopember 2017 21:15:36 WIB
Reporter : M Muthohar
Nikah Massal, Belasan Pengantin Usia Senja Dikirab

Tuban (beritajatim.com) - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-724, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, serangkaian kegiatan telah dilakukan, salah satunya nika massal, Minggu (12/11/2017).

Nikah massal tersebut diikuti oleh belasan peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di wilayah Tuban yang sebagian besar sudah berusia lanjut. Kegiatan itu berlangsung di Masjid Agung Kabupaten Tuban. Meski sudah berusia lanjut, namun para peserta tetap semangat untuk melaksanakan jalannya prosesi akad nikah.

"Ini pernikahan saya yang ketiga setelah sebelumnya cerai. Kalau istri saya ini pernikahan ke dua," ujar Suwarno (58) yang menikah dengan Rutiah (50), asal Desa Sidomukti, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban.

Untuk pasangan tertua yang ikut dalam pernikahan massal dalam rangka HUT Tuban itu adalah Kuseri (66) dan Karmu (54), warga Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Tuban. Sedangkan pasangan termuda berasal dari Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban. Yakni usianya baru 20 tahun.

"Yang ikut nikah massal tahun ini sebanyak 15 pasangan. Semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi," terang Fathul Huda, Bupati Tuban yang juga ikut menjadi saksi dalam acara itu.

Bupati menjelaskan, tujuan kegiatan itu adalah membantu warga untuk melakukan pernikahan yang sah sesuai agama dan tercatat sesuai peraturan pemerintah. Selain itu juga membantu warga yang kurang mampu. Oleh karenanya Pemkan Tuban menggratiskan seluruh peserta yang mengikuti nikah massal.

"Ya tujuannya ini bisa membantu masyarakat, karena masyarakat tidak punya kemampuan yang sama. Jangan sampai ada warga yang tidak menikah karena tidak punya biaya," tambah Bupati Tuban setelah kegiatan.

Setelah melaksanakan pernikahan, belasan pasangan pengantin usia lanjut itu langsung dikirab dengan menggunakan 'jaran jenggo'. Para pasangan pengantin itu dikirab dari depan Masjid Agung Tuban menuju Penodo Krido Manunggal Tuban untuk mengikuti resepsi HUT Tuban yang ke 724. [mut/suf]

Tag : pernikahan

Komentar

?>