Rabu, 22 Nopember 2017

Spanduk Save Ijen Membentang di Acara BEC 2017

Minggu, 12 Nopember 2017 00:01:10 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Spanduk Save Ijen Membentang di Acara BEC 2017
Pelajar di Banyuwangi ingatkan jaga keaslian Ijen. [Foto: rindi/bj.com]

Banyuwangi (beritajatim.com)--Ada hal menarik saat gelaran Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2017 ini. Terdapat sekelompok siswa-siswi setingkat SMA dan SMK di Banyuwangi melakukan aksi peduli.

Saat acara parade busana berlangsung, mereka membentangkan sepanduk bertuliskan '#save ijen, stop pembangunan di puncak ijen' di depan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. Aksi mereka itu adalah semacam kampanye peduli terhadap kondisi pembangunan di puncak gunung yang memiliki fenomena api biru itu.

Pasalnya, menurut mereka menjadi momen yang tepat karena bertepatan BEC mengambil tema Majestic Ijen. Mereka beranggapan, proyek pembangunan fasilitas di puncak ijen mengotori pemandangan alami kawah belerang itu.

“Kami hanya menyuarakan agar masyarakat untuk bersama-sama peduli dengan kondisi pembangunan di Gunung Ijen,” kata Bahtiar Putra Yusafi (17), salah seorang pelajar, Sabtu (11/11/2017).

Selain itu, kata dia, hal itu mereka lakukan lantaran masih sedikit masyarakat yang mengetahui adanya proyek pembangunan tersebut. Hal itu terbukti dari beberapa pengunjung yang penasaran sehingga bertanya langsung mengenai aksi mereka.

“Kami bukan demo, kami juga tidak menyampaikan aspirasi. Spanduk ini kami buat sebagai bentuk keprihatinan kami agar Ijen tidak dikotori dengan pembangunan yang dapat mengurangi kecantikan dan kelestarian lingkungan di sana," jelasnya.

Layaknya penonton lainnya, sekelompok anak-anak sekolah ini juga terlihat bersemangat kala talent BEC melintas di depannya. Bahkan, mereka sesekali menghentikan laku sang peraga busana untuk sekedar bersua foto bersama.

Pembangunan puncak Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen memang terus mendapat perhatian dari sejumlah kalangan. Rata-rata mereka menentang keras adanya pembangunan itu.

Mereka menilai, pembangunan itu kurang tepat ditempatkan di lokasi yang alami itu. Banyak yang beranggapan, fasilitas yang kini dibangung oleh BKSDA Jawa Timur tersebut kurang memperhitungkan sisi ekologi. Sehingga berpotensi akan mengurangi keindahan dan merusak ekosistem. [air/rin]

Tag : kawah ijen

Komentar

?>