Rabu, 22 Nopember 2017

Puan: Banyuwangi Bakal Jadi Destinasi Andalan Indonesia

Sabtu, 11 Nopember 2017 19:57:13 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Puan: Banyuwangi Bakal Jadi Destinasi Andalan Indonesia
Menko PMK saat berkunjung ke Banyuwangi. [Foto: rindi/bj.com]

Banyuwangi (beritajatim.com)--Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyebut Kabupaten The Sunrise of Java (Banyuwangi) akan menjadi destinasi andalan Indonesia di masa yang akan datang.

Hal itu diungkapkan usai melihat parade busana kolosal, Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).

"Apa yang telah disuguhkan Banyuwangi ini adalah peneguhan budaya yang terbukti telah meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di kabupaten ini. Ini membuktikan bahwa budaya dan potensi lokal bisa diangkat menjadi sebuah seni kreatif modern," kata Menteri Puan, Sabtu (11/11/2017).

Menurutnya, BEC menjadi panggung menyalurkan kreativitas warga Banyuwangi yang belum tersalurkan. Ini juga menjadi wujud kegotongroyongan yang ditampilkan dalam kesenian dan budaya.

"Penyelenggaraan Banyuwangi Ethno Carnival yang mengangkat kebudayaan lokal membuktikan jika BEC menjadi sebuah etalase seni yang patut diapresiasi,” ujarnya.

Apalagi, kata Puan, Banyuwangi menggelar even sekelas BEC ini tanpa menggunakan event organizer (EO). Sehingga, jika tidak ada budaya gotong royong, mustahil bisa menggelar event sebesar ini. Sehingga, lanjut dia, BEC akhirnya menjadi salah satu ajang konsolidasi budaya, dan instrumen menumbuhkan semangat gotong royong dari semua pihak yang terlibat.

"Mulai budayawan, seniman, peserta dari seluruh penjuru Banyuwangi, TNI, Polri, hingga masyarakat umum, semuanya memiliki peran sama pentingnya. Jadi, ini bukan semata-mata ajang promosi,” kata Puan.

Selain itu, dia salut dengan antusiasme peserta dan penonton. Bahkan tak sabar dia sempat bertanya pada salah satu peserta. "Saya sempat tanya mulai jam berapa menyiapkan diri untuk acara ini, ternyata sejak pagi. Demikian juga penonton sangat ramai dan antusias meski setiap tahun digelar," kata Puan.

Setiap tahun, tema BEC ini berbeda. Kali ini, menghadirkan 160 busana adikarya desainer lokal yang mengangkat tema Majestic Ijen, yang terinspirasi dari keindahan Gunung Ijen Banyuwangi. [air/rin]

Tag : banyuwangi

Komentar

?>